Kompas TV regional sulawesi

Viral Narapidana Nobar Film Miracle In Cell No. 7, Pihak Lapas: Penuhi Hak Rekreasi Napi

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 19:34 WIB
viral-narapidana-nobar-film-miracle-in-cell-no-7-pihak-lapas-penuhi-hak-rekreasi-napi
Narapidana di Lapas A1 Makassar nobar film Miracle In Cell No.7. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah video yang menampilkan puluhan narapidana yang tengah nonton bareng (nobar) film Miracle In Cell No. 7 viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @akbaramadhan_, Senin (15/5/2023) kemarin. Nobar film tersebut rupanya dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) 1A Makassar.

Dalam video tersebut, tampak narapidana yang duduk di lantai tengah menonton film garapan sutradara Hanung Bramantyo bersama-sama. Sebagian dari mereka ada yang mengusap air mata, seperti terharu menonton film tersebut.

Baca Juga: Viral Ibu Muda Gesit Buka Jalan Ambulans, Polisi Beri Penghargaan

Pengunggah video tersebut rupanya adalah staf Humas Lapas A1 Makassar, Akbar Ainur Ramadhan. Akbar bilang, kegiatan itu digelar pada Sabtu (13/5/2023) kemarin.

Nobar film di lapas merupakan kegiatan rutin tiap bulan yang telah terselenggara sejak tahun lalu. 

“Diselenggarakan tanggal 13 (Mei) kemarin. Kegiatan nobar ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bidang Pembinaan di Lapas yang diselenggarakan setiap sekali sebulan,” kata Akbar, Selasa (16/5/2023), sebagaimana dikutip dari Tribunnews.

Akbar menjelaskan, kegiatan tersebut menjadi salah satu program pembinaan sekaligus hiburan bagi narapidana.

Selain dari pihak lapas, kegiatan nobar tersebut juga merupakan kerja sama dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Makassar.

Baca Juga: Viral Guru SMP Negeri 3 Parepare Menangis Histeris Minta Kepsek Dimutasi!

Alasan memilih film Miracle In Cell No. 7 yakni karena film tersebut memiliki alur cerita yang tak jauh berbeda dengan para narapidana.

Dia tak menyangka, film tersebut menuai antusiasme yang tinggi dari para napi. Bahkan, sebagian dari mereka sampai menangis ketika menonton.

“Kami menganggap awalnya narapidana ini memiliki karakter yang sangar, akan tetapi ketika kita menayangkan film ini, ternyata suasana haru juga hadir di tengah-tengah mereka,” tutur Akbar.

Baca Juga: Duta Ungkap Sosok Sheila yang Menginspirasi Nama Sheila On 7, Ternyata Adik Kelas

Lebih lanjut, Akbar menjelaskan bahwa kegiatan nobar film di lapas tersebut merupakan wujud pemenuhan hak narapidana. Pasalnya, mereka tidak diperkenankan mengakses dunia luar.

"Kegiatan pemberian berupa nonton bareng ini juga diatur dalam Undang-Undang Pemasyarakatan yang di mana narapidana memiliki hak untuk diberikan rekreasi atau hiburan. Hiburan ini bisa berupa pentas seni atau musik dan ini merupakan bentuk pembinaan di Lapas," jelasnya.


 

 



Sumber : Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x