Kompas TV regional jawa timur

Pasca Lebaran Idul Fitri, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tanjung Turun

Kompas.tv - 9 Mei 2023, 19:43 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pasca hari raya idul fitri, harga kebutuhan pokok, khususnya bumbu dapur dan daging ayam di Pasar Tradisional Tanjung Kabupaten Jember Jawa Timur turun drastis. Pasokan yang melimpah dan turunnya daya beli masyarakat menjadi salah satu penyebabnya.

Penurunan harga sebagian besar terjadi pada komoditas bumbu dapur dan sayur mayor. Jika sebelum lebaran harganya meningkat drastis kini harganya anjlok.

Harga cabai rawit turun 25 ribu rupiah dari 30 ribu rupiah per kilogram. Cabai merah besar turun dari harga 35 ribu rupiah menjadi 25 ribu rupiah per kilogram. Harga cabai hijau turun 20 ribu rupiah dari harga 30 ribu rupiah per kilogram.

Sedangkan untuk buah tomat turun dari 18 ribu rupiah menjadi 10 ribu rupiah per kilogram. Wortel dari harga 12 ribu rupiah turun menjadi 8 ribu rupiah per kilogram. Kubis turun menjadi 6 ribu rupiah dari harga 10 ribu rupiah per kilogram.

Selain bumbu dapur, penurunan harga juga terjadi pada daging ayam. Untuk daging ayam potong turun jadi 33 ribu rupiah dari 50 ribu rupiah per kilogram. Daging ayam kampung turun 50 ribu rupiah dari harga 80 ribu rupiah per ekor.

Baca Juga: Harga Cabai Terus Naik Jelang Ramadhan, Warga Beli Cabai Busuk

Anjloknya harga disebabkan turunnya daya beli masyarakat di tengah melimpahnya pasokan di pasar. Turunnya harga kebutuhan pokok menjadi berkah bagi pembeli, khususnya ibu rumah tangga karena dapat berhemat.

Harga kebutuhan pokok di pasar tradisional diperkirakan terus turun jika pasokan di lapak pedagang terus meningkat.

 

#Harga #kebutuhanpokok #pedagang #cabai



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x