Kompas TV regional berita daerah

Pedagang di Pasar Peterongan Kota Semarang Keluhkan Harga Bawang yang Masih Tinggi

Kompas.tv - 9 Mei 2023, 11:46 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Menurut sejumlah pedagang sayur di Pasar Peterongan Kota Semarang, harga bawang saat ini masih tinggi. Seperti yang dikatakan oleh Jumirah, salah satu pedagang sayur di Kota Semarang ini, harga bawang merah maupun putih pada kisaran empat puluh hingga empat puluh lima ribu rupiah per kilogram. Padahal saat normal pada kisaran tiga puluh hingga tiga puluh lima ribu rupiah per kilogram.

 

Jumirah mengungkapkan, harga bawang ini naik sejak mulai memasuki bulan Ramadhan kemarin. Namun hingga kini belum turun karena masih langka atau belum ada pasokan. Sedangkan bawang Bombay sudah turun menjadi empat puluh ribu rupiah per kilogram dari sebelumnya enam puluh ribu rupiah per kilogram saat Lebaran. Namun meski harga ini dirasa masih tinggi, sebab saat normal harga bawang Bombay pada kisaran tiga puluh ribu rupiah per kilogram.

 

Hal senada dikatakan pedagang lain bernama Anik. Dia menjual bawang merah maupun putih pada kisaran empat puluh lima ribu rupiah per kilogram. Sedangkan untuk eceran dia menjual dua belas ribu rupiah seperempat kilogram.

 

Menurutnya kenaikan ini terjadi sejak Lebaran lalu. Sedangkan saat normal harga bawang ini pada kisaran tiga puluh hingga tiga puluh lima ribu rupiah per kilogram. Para pedagang berharap harga bawang juga bisa kembali turun seperti cabai, sehingga mereka juga bisa berjualan dengan lancar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x