Kompas TV regional sumatra

Waspada Penyakit Rentan Menyerang Anak Pasca Lebaran

Kompas.tv - 3 Mei 2023, 15:53 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Seminggu pasca lebaran, anak-anak rawan kelelahan dan stres akibat makan tidak teratur dan umumnya kurang tidur. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia situasi ini bisa menurunkan imunitas yang dapat menimbulkan penyakit bagi anak-anak.

Adapun penyakit rentan yang dialami anak-anak seperti selesma, atau batuk pilek akibat kelelahan, Covid-19 hingga campak. Penyakit ini muncul diduga karena saat lebaran anak-anak sering bertemu dengan anggota keluarga lainnya atau pergi ke tempat wisata yang ramai dikunjungi warga. Faktor munculnya keempat penyakit itu disebabkan oleh virus yang rentan menyebar melalui saluran pernapasan dan berasal dari droplet atau percikan air liur.

Sejumlah gejala penyakit pernapasan yang patut diwaspadai sejak dini yaitu hidung tersumbat atau berair, batuk, dan sakit tenggoran sehingga anak sulit makan. Gejala lainnya yang lebih berat seperti demam, nyeri badan atau otot, sakit kepala hingga hilang penciuman dan pengecapan.

Namun kondisi ini masih bisa ditangani dirumah jika anak memiliki waktu istirahat yang cukup. Jika dicurigai mengalami gejala berat, orang tua disarankan segera membawa anaknya ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x