Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Bus Wisata Terguling di Purbalingga, 8 Penumpang Luka

Kompas.tv - 2 Mei 2023, 11:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PURBALINGGA, KOMPAS.TV - Kecelakaan terjadi di jalur Wisata Goa Lawa, Purbalingga, Jawa Tengah, pada Minggu (30/4/2023) siang. Sebuah bus pariwisata yang mengangkut 31 penumpang terguling saat melintas di jalan menanjak di wilayah Objek Wisata Goa Lawa.

Akibat kejadian ini delapan orang penumpang mengalami luka-luka dan harus mendapat perawatan di Puskesmas Karangreja, Purbalingga, dan Rumah Sakit Umum Daerah Purbalingga.

Diduga penyebab kecelakaan karena bus tidak kuat menanjak dan mengalami mati mesin, sehingga saat pengemudi akan oper ke gigi rendah, bus sudah tergelincir mundur lalu oleng dan terguling.

"Bus dari Pekalongan yang niatnya memang untuk berwisata ke Delas Purbalingga. Bus berisi 31 orang penumpang, dengan spoir 1 kernet 1 total 33 isi bisnya.  Pada saat menanjak di depan pintu masuk Golaga mengalami kendala. Pada saat dia mengoper gigi dari dua ke satu, mendadak mesinnya mati, kemudian sudah diupayakan diganjal tetapi terguling," kata AKP Mia Novrila Safitry, Kasatlantas Polres Purbalingga.

"Nggak kuat nanjak, terus waktu oper gigi mesin mati, terus mau gunakan remnya lalu remnya blong. Jadi terus turun turun turun akhirnya dihantamkan sama tebing," ujar Lori, penumpang bus.

Sedianya rombongan yang berasal dari Pekalongan itu akan berwisata di sejumlah tempat di Purbalingga dan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Namun, peristiwa nahas tersebut menggagalkan rencana mereka. Jalur wisata di wilayah Karangreja, Purbalingga dikenal memiliki medan yang cukup ekstrem, dengan tanjakan yang rata-rata cukup tinggai dan panjang, serta turunan yang curam dan berkelok. Daerah Karangreja sendiri terdapat pada wilayah pegunungan di kaki Gunung Slamet.

#purbalingga #pekalongan #buswisata

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x