Kompas TV regional jawa timur

Tanah Longsor di Sukun Kota Malang, Belasan Rumah Warga Rusak

Kompas.tv - 1 Mei 2023, 18:15 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Sebanyak 15 rumah milik warga yang berada di Jalan Gempol Margabakti, Kecamatan Sukun Kota Malang rusak akibat tanah longsor. Karena rumah yang rusak, puluhan warga pun mengungsi ke tempat yang aman.

Belasan rumah yang berada di pinggir sungai rusak pada bagian belakang setelah longsor yang terjadi pada Sabtu (29/04/2023). Sebelum longsor, kawasan Kota Malang diguyur hujan deras. 

Bagian belakang rumah seperti dapur, kamar mandi bahkan kamar tidur rusak berat dan material longsor masuk ke dalam sungai.

Mujiati, salah satu korban menceritakan, kejadian berlangsung cukup cepat. Saat itu dirinya berada di kamar mandi dan tiba-tiba saja lantai yang ia pijak longsor. 

Mujiati bersama warga lain langsung bergegas menyelamatkan diri.

"Waktu itu saya lagi mandi di kamar mandi tiba-tiba lantainya longsor tanahnya jatuh semua," Katanya.

Camat Sukun, Widi Wirawan, menjelaskan, ada 15 keluarga yang terdampak longsor. Dari 15 KK tersebut ada 52 jiwa yang kini harus meninggalkan rumah mereka. 

Sebagian warga mengungsi di rumah singgah milik Gereja, sedangkan sebagian lain mengungsi di tempat kerabat mereka.

"Yang terdampak 15 KK,  13 KK rusak berat 2 ringan, dari 15 KK itu warganya 52 jiwa mereka sudah direlokasi di rumah singgah milik Gereja dan rumah kerabat,"Kata Camat Sukun, Minggu (30/04/2023). 

Tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor ini. Namun warga mengaku takut untuk kembali ke rumah karena kondisi rumah mereka sudah tidak layak untuk ditempati, karena sangat membahayakan terjadi longsor susulan.

#longsormalang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x