Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Cuaca Panas, Warga Goreng Telur dan Kerupuk di Luar Rumah

Kompas.tv - 1 Mei 2023, 17:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

REMBANG, KOMPAS.TV - Cuaca panas ekstrem yang melanda Indonesia beberapa waktu terakhir dimanfaatkan warga Rembang, Jawa Tengah untuk melakukan sejumlah eksperimen. Salah satunya menggoreng kerupuk dan telur tanpa menggunakan kompor. 

Hal ini seperti yang dilakukan oleh warga Desa Sumberjo, Rembang, Jawa Tengah ini. Tanpa kompor dan api tungku, mereka memanfaatkan terik matahari untuk menggoreng kerupuk dan telur di wajan yang diletakkan diatas seng.

Tak butuh waktu lama, kerupuk dan telur yang digorengpun menjadi matang dan hasilnya cukup memuaskan. Temperatur suhu di wilayah Kabupaten Rembang saat ini mencapai 32 hingga 35 derajat Celcius.

Dalam proses pemanasan mereka harus memanaskan wajan berisi minyak goreng hingga lebih dari 1,5 jam lamanya. Warga mengaku menggoreng kerupuk dan telur untuk membuktikan seberapa panas paparan matahari di wilayah mereka.

"Sangat panas, beberapa hari ini kita manfaatkan menggoreng kerupuk dan telur dengan paparan sinar matahari, hasilnya memuaskan, " kata Joko Sutopo, warga.
 
Berdasarkan data BMKG suhu panas seperti ini diperkirakan masih akan terjadi hingga Oktober nanti. Untuk menjaga selama cuaca panas ekstrem, warga dihimbau banyak mengkonsumsi air putih dan mengurangi aktivitas di luar rumah untuk menghindari paparan panas matahari yang cukup terik.

#cuacapanas #bmkg #kerupuk 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x