Kompas TV regional sumatra

Harga Ikan Mahal Akibat Pasar Belum Normal Seperti Hari Biasanya

Kompas.tv - 1 Mei 2023, 14:36 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Seminggu pasca lebaran Idul Fitri, pasar ikan Almahirah Lamdingin Banda Aceh belum beraktivitas normal. Menurut pedagang, nelayan belum aktif melaut, sehingga ikan yang dijual dipasar kebanyakan stok lama. Namun ada juga stok ikan segar yang dijual meski jumlahnya tergolong sedikit jika dibandingkan dari hari biasanya.

Adapun jenis ikan yang banyak dijual adalah ikan tuna dan tongkol. Harganya pun alami kenaikan. Jika biasanya dijual seharga 35 ribu rupiah perkilogram kini naik menjadi 50 ribu rupiah perkilogram.

Selain itu jenis ikan premium lainnya juga masih jarang ditemui seperti ikan kerapu, kakap, dan ikan kuwe. Kebanyakan pedagang menjual stok ikan lama.

Selain ikan, harga udang juga alami kenaikan, namun stoknya bertambah karena petambak udang banyak yang panen pasca lebaran. Harga udang kini dijual 80 ribu rupiah perkilogram. Harga ini sedikit lebih murah jika dibandingkan saat perayaan meugang lebaran minggu lalu yaitu bisa mencapai 100 ribu rupiah perkilogram.

Diperkirakan aktivitas pasar ikan Almahirah akan normal kembali pada Senin mendatang, karena masih banyak nelayan yang melaut dan belum kembali ke Banda Aceh.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x