Kompas TV regional jawa barat

Kisah Para Ibu yang Melahirkan Saat Terjebak Macet Arus Balik, Ada yang di Pos Polisi

Kompas.tv - 25 April 2023, 11:16 WIB
kisah-para-ibu-yang-melahirkan-saat-terjebak-macet-arus-balik-ada-yang-di-pos-polisi
Petugas Pospam Terpadu Exit Tol Parungkuda Operasi Ketupat Lodaya 2023 Polre Sukabumi saat memperlihatkan bayi perempuan yang dilahirkan di pospam tersebut karena ambulans yang membawa ibu bayi tersebut lajunya tersendat karena padatnya arus lalu lintas di jalur utara mudik lebaran tepatnya di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTAKOMPAS.TV- Di antara padatnya lalu lintas saat arus balik Lebaran, terselip kisah para ibu yang harus melahirkan secara darurat. Ada yang melahirkan di Pos Pengamanan Lebaran, ada juga yang berhasil melahirkan di puskesmas setelah sempat dibawa pakai mobil patroli polisi. 

Adalah Yani Nuryani, warga Desa Munjul, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi yang melahirkan Pos Pengamanan Terpadu Exit Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Senin, (24/4/2023).

"Alhamdulillah ibu dan anaknya selamat, meskipun harus melahirkan secara darurat di Pospam Terpadu Operasi Ketupat Lodaya Polres Sukabumi," kata Kepala Bagian Operasi Satlantas Polres Sukabumi Iptu M Damar Gunawan di Sukabumi, seperti dikutip dari Antara. 

Kejadian ini berawal, saat Yani yang hendak melahirkan dibawa oleh ambulans dari Puskesmas Parungkuda untuk dirujuk ke RSUD Sekarwangi.

Baca Juga: Harga Tiket Wisata Tawangmangu Libur Lebaran 2023, Bukit Sekipan, Lawu Park hingga Grojogan Sewu

Namun karena kondisi arus lalu lintas padat, laju ambulans yang membawa ibu hamil tersebut terhambat. Dalam perjalanan, perempuan yang tengah hamil tua tersebut mengalami kontraksi dan sudah tidak kuat ingin segera melahirkan.

Bidan Puskesmas Parungkuda membawa Yani ke Pospam Terpadu Exit Tol Parungkuda agar bisa mendapatkan pertolongan pertama. 

Bidan yang dibantu personel kepolisian yang tengah bersiaga akhirnya membawa Yani ke dalam sebuah ruangan di pospam terpadu tersebut dan akhirnya ibu ini berhasil melahirkan anaknya dengan selamat.

Damar mengatakan, ibu itu berhasil melahirkan bayi perempuan. Namun, karena kondisi kesehatannya yang masih lemah Yani harus dirujuk ke RSUD Sekarwangi Cibadak.

Baca Juga: Tunda Balik Mudik, PNS Bisa WFH dan Perpanjang Cuti jika Masih Punya Jatah

"Sementara untuk bayinya dibawa ke Puskesmas Parungkuda untuk mendapatkan perawatan dan petugas medis," ujar Damar. 

Sedangkan Ikin (45) suami dari Yani mengatakan, ia sempat panik dengan kondisi arus lalu lintas yang padat di sepanjang jalur Parungkuda. Tetapi, ia pun bersyukur meskipun istrinya harus melahirkan dalam kondisi darurat di Pospam Terpadu Exit Tol Parungkuda karena bisa melahirkan dengan lancar.

Ikin pun mengucapkan terimakasih kepada para petugas kepolisian yang telah membantu untuk singgah di pospam terpadu ini.

Serta mengawal istrinya agar bisa sampai di rumah sakit dengan cepat untuk mendapatkan perawatan medis karena memiliki riwayat darah tinggi.



Sumber : Antara, Tribun Jabar


BERITA LAINNYA



Close Ads x