Kompas TV regional sumatra

Gempa M 7,3 di Mentawai terasa Kuat di Padang, Warga Panik dan Berhamburan Keluar Rumah

Kompas.tv - 25 April 2023, 04:50 WIB
gempa-m-7-3-di-mentawai-terasa-kuat-di-padang-warga-panik-dan-berhamburan-keluar-rumah
Ilustrasi Gempa Bumi. Gempa bumi magnitudo (M) 7,3 di Mentawai terasa hingga Padang.  (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gempa bumi magnitudo (M) 7,3 terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat pada Selasa (25/4/2023) dini hari WIB. 

Gempa yang terjadi Pukul 03.00.57 WIB ini terasa di beberapa wilayah termasuk Padang.

Guncangan yang terasa cukup lama membuat warga panik berhamburan ke luar rumah.

Hal ini disampaikan Kapusdatin BNPB Abdul Muhari yang saat gempa terjadi tengah berada di Padang.

"(Saat gempa) masyarakat panik dan keluar rumah. Tapi masyarakat bukan panik dalam arti histeris," kata Abdul, di Breaking News, Kompas TV.

Meski demikian, Abdul mengatakan saat ini situasi di Padang telah terkendali. 

Berdasarkan catatan BMKG, gempa 7,3 di Mentawai ini terasa di beberapa wilayah mulai dari Siberut, Bukittinggi, Pasaman Barat hingga Padang.

"Wilayah Dirasakan (Skala MMI) VI Siberut, VI Mentawai, V Pasaman Barat, V Padang Pariaman, V Agam, V Padang, III Gunung Sitoli, III Padang Panjang, III Pesisir Selatan, III Limapuluhkota, III Solok Selatan, III Solok, III Bukittinggi, II Labuhan Batu, II Padang Sidempuan," tulis BMKG di laman resminya, Selasa.

Baca Juga: Enam Kali Gempa Susulan Terjadi usai Gempa M7,3 di Mentawai Dini Hari

Untuk diketahui skala MMI (Modified Mercalli Intensity) adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Skala I MMI dimaksudkan getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang, II MMI getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kemudian III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Lalu IV MMI pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Dan V MMI getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Sebagai informasi, usai gempa 7,3 di Mentawai dini hari tadi, BMKG memberi peringatan dini tsunami untuk wilayah Nias Selatan Pulau Tanabala, Sumatra Utara. BMKG memberikan status waspada. 

"Peringatan Dini Tsunami untuk wilayah: SUMUT, Gempa Mag:7.3, 25-Apr-23 03:00:57 WIB, Lok:0.93 LS, 98.39 BT (177 km BaratLaut KEP-MENTAWAI-SUMBAR), Kedlmn:84 Km," tulis keterangan resmi BMKG. 

Status waspada ini merupakan imbauan agar Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang bersangkutan, agar memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai. 

Baca Juga: Peringatan Dini Tsunami, Gempa M 7,3 Guncang Kepulauan Mentawai


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x