Kompas TV regional berita daerah

BBKSDA Papua Barat Ungkap Jalur Penyelundupan Satwa Endemik Papua

Kompas.tv - 24 April 2023, 15:54 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Selain sebagai daerah transit Sorong merupakan pintu masuk dan pintu keluar transportasi kapal laut maupun penerbangan, hal inilah menyebabkan pengetatan pengawasan baik di Pelabuhan dan Bandara harus dilakukan bagi penyelundupan satwa endemik Papua.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat, Johny Santoso mengatakan, paling banyak satwa endemik Papua diselundupkan dari Sorong sebagai pintu keluar ke Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Surabaya dan Jakarta. 

Nantinya dari daerah tersebut satwa endemik Papua ini bisa diselundupkan ke sejumlah Negara seperti, Singapura, Vietnam, Filipina dan Malaysia karena satwa endemik Papua diminati pada Negara tersebut.

BBKSDA juga terus melakukan pembinaan kepada masyarakat petani Hutan yang dulunya berburu satwa untuk dijual, saat ini telah memanfaatkan satwa tersebut untuk dijadikan wisata yang banyak disenangi turis asing ketika datang ke Papua, yang nantinya dapat menambah pendapatan masyarakat setempat.

Masyarakat yang tinggal di kawasan konservasi berjumlah 400 kampung, yang saat ini menjadi binaan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat berjumlah 50 kampung. tidak hanya BBKSDA yang melakukan pembinaan terhadap masyarakat kampung tersebut melainkan pemerintah daerah turut membina masyarakat tersebut. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x