Kompas TV regional jabodetabek

Banyak Pemudik Roda Dua Masih Lintasi Kalimalang Bekasi pada Malam Takbiran

Kompas.tv - 22 April 2023, 00:47 WIB
banyak-pemudik-roda-dua-masih-lintasi-kalimalang-bekasi-pada-malam-takbiran
Situasi di jalur Pos Pengamanan Sumber Arta Kalimalang Bekasi pada Jumat (21/4/2023) malam pukul 19.00 WIB. (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Banyak pemudik yang mengendarai roda dua masih melintasi Kalimalang Bekasi pada malam takbiran jelang Idulfitri 1444 hijriah, Jumat (21/4/2023).

Arus lalu lintas di jalur Sumber Arta Kalimalang Bekasi pada Jumat pukul 19.00 WIB cenderung normal dengan sejumlah pemudik pengguna kendaraan roda dua masih terlihat melintas.

"Biasanya para pemudik bermotor roda dua yang melintasi jalur ini pada malam takbiran adalah mereka yang akan mudik ke wilayah-wilayah dekat seperti Karawang, Cikampek, atau Purwakarta," kata Kepala Pos Pengamanan Lebaran 2023 Sumber Arta Kalimalang Bekasi, Iptu Mian Siregar dilansir dari Antara.

Meski demikian, aparat tetap melakukan antisipasi menghadapi kemungkinan adanya lonjakan kendaraan dengan bersiaga mengurai setiap titik kepadatan arus lalu lintas.

Ia menjelaskan, pihaknya juga bersiap untuk mengarahkan para pengguna jalan pada malam takbiran kali ini agar tidak terjadi gangguan arus lalu lintas di sepanjang jalur utama Sumber Arta Kalimalang.

"Kami akan arahkan terutama pada jalur-jalur yang sangat vital," terangnya.

Baca Juga: Kementerian Perhubungan Sebut Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, Sekarang Jumlah Kendaraan Mulai Landai

Selain itu, Mian mengungkapkan bahwa pihaknya belum bisa memprediksi waktu puncak kepadatan arus balik lalu lintas di wilayah Pos Pengamanan Sumber Arta Kalimalang, meski telah ada ketetapan dari Pemerintah bahwa libur nasional berakhir pada 25 April mendatang.

"Mungkin kalau untuk pegawai pemerintah akan kembali sebelum cuti berakhir. Tetapi untuk pekerja kantoran swasta atau lainnya bisa jadi akan mengambil libur di kampung halaman lebih lama, sehingga arus kembalinya pun berbeda," urainya.

Mian menambahkan, salah satu penanda terjadi titik puncak arus balik adalah ketika kepadatan mulai terjadi di sejumlah gerbang tol yang menuju ke Jakarta. 

Meski demikian, dia memperkirakan tidak akan ada peningkatan volume kendaraan utamanya roda dua di jalur Sumber Arta Kalimalang pada arus balik mendatang

"Hampir sama seperti tahun lalu, arus balik diprediksi tidak ada lonjakan signifikan karena para pemudik dengan kendaraan roda dua memiliki banyak jalur pilihan untuk kembali ke ibu kota selain lewat Kalimalang, yaitu bisa melalui Pondok Kopi atau Cakung," tegasnya.

Baca Juga: Jokowi Ucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1444 H, Imbau Masyarakat Hati-Hati saat Mudik


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x