Kompas TV regional berita daerah

Pemanfaatan Teknologi "Smart City" Saat Arus Mudik

Kompas.tv - 21 April 2023, 13:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO,KOMPAS.TV - Dengan memanfaatkan teknologi Smart City yang ada di Traffic Management Center Polresta Solo, Jawa Tengah, Korps lalu lintas Polri memantau jalur mudik yang melintasi wilayah Solo. Sebagai salah satu kota tujuan mudik, tingkat kepadatan lalu lintas di Solo tergolong tinggi. Apalagi banyak proyek nasional strategis, yang masih dikerjakan dan menimbulkan kemacetan parah.

Smart city salah satu keunggulannya adalah memiliki jaringan kamera pemantau beresolusi tinggi. Dengan ini memantau lalu lintas, bisa dilakukan tanpa menyebar anggota. Titik rawan macet dan rawan kecelakaan lalu lintas, langsung bisa diketahui sehingga manajemen rekayasa lalu lintas bisa dilakukan sesuai kondisi.

“Dengan smart kamera yang kita milki, kita bisa menghitung melalui smart analytic ini bisa menghitung dimana lokasi lokasi yang rawan terjadi kemacetan dan rawan kecelakaan melalui pemantauan dan pemetaan dari cctv itu,” ujar Kombes Indra Jafar, Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri.

Sementara untuk arus mudik yang melintas Solo, akan diarahkan menuju jalan lingkar luar. Ini dilakukan agar pemudik, tidak terjebak kemacetan dalam kota. Dan polisi juga mengingatkan, jika ETLE atau tilang elektronik, tetap diberlakukan dalam Operasi Ketupat. Jadi pemudik wajib mematuhi rambu lalu lintas, dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

#etle #smartcity #solo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x