Kompas TV regional bali nusa tenggara

BBPOM Denpasar Uji 21 Sampel Makanan Buka Puasa

Kompas.tv - 20 April 2023, 14:16 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Balai Besar Pengawas Obat Dan Makanan (BBPOM) menggelar pengawasan intensif terhadap makanan berbuka puasa atau takjil selama bulan Ramadhan. Setelah berkeliling kesembilan kabupaten/ kota di Bali, Selasa (18/4) sore BBPOM melakukan pengawasan langsung di Pasar Ramadhan, Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja Denpasar, ada 21 sampel makanan berbuka puasa yang diambil dan diuji sampelnya yakni  beragam jenis jajanan, kerupuk, kolak, pepes, sate hingga olahan makanan lainya.

Dari keseluruhan sampel yang diuji, satu sampel ditemukan makanan jenis sate yang terbuat dari bahan ikan  mengandung formalin.  Sate yang mengandung berbahan formalin tersebut BBPOM sudah 3 kali melakukan pengujian terhadap makanan tersebut dan hasilnya tetap sama positif mengandung formalin hingga sampel lab berwarna ungu.

Kepala Bidang Metrologi dan Tertib Niaga Disperindag Kota Denpasar, Putu Gede Sukadana mengatakan, pihaknya selalu mendapingi BBPOM untuk mengawasi tidak saja makanan takjil di Pasar Ramadhan namun di pasar-pasar umum tradisional.

Pedagang makanan yang ditemukan daganganya mengandung formalin tersebut hanya diberi pembinaan. Namun BBPOM selanjutnya akan melakukan penelusuran dan pengecekan.


 

 

 

 

 

#bbpomdenpasar #pasarramadhan  #makananbukapuasa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x