Kompas TV regional jabodetabek

Sekeluarga Kesulitan Pesan Tiket Kereta Api, Nyaris Gagal Mudik ke Pekalongan

Kompas.tv - 19 April 2023, 20:32 WIB
sekeluarga-kesulitan-pesan-tiket-kereta-api-nyaris-gagal-mudik-ke-pekalongan
Ilustrasi penumpang mudik kereta api jarak jauh di stasiun Gambir, Jakarta. (Sumber: Humas PT KAI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keluarga Tri Herlambang nyaris gagal mudik lebaran lantaran sulitnya memesan tiket kereta api secara daring. 

Tri dan keluarganya sendiri hendak melakukan mudik ke Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Ia mengaku sudah memesan tiket jauh-jauh hari, satu bulan sebelum lebaran. 

"(Pesan tiket) online dari H-30 mulai start itu rebutan susah sekali," kata Tri saat hendak mudik dari Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (19/4/2023) dikutip dari Tribunnews. 

Tri mengisahkan dirinya harus jaga-jaga setiap pukul 12 tengah malam agar dapat memesan tiket mudik. 

Baca Juga: Pantauan Arus Mudik: Kepadatan di Tol Cikatama Sore Hari Ini Terurai | 19 April 2023

Akan tetapi, kerap kali upaya Tri memesan tiket berujung kegagalan. 

"Jadi saya mulai pukul 12.10 tidak dapat, nah begitu keduanya setelah dua hari ke depannya. Tiga hari ke depannya itu, saya mulai pukul 23.30 start baru dapat," papar Tri. 

"Sepertinya itu semuanya pada ibaratnya mencuri start jadi jam 12 kurang 15 itu sudah pada langsung online," sambungnya.

Adapun, Tri berharap proses pemesanan tiket kereta api dapat lebih mudah didapatkan. Terlebih pada momen libur lebaran di mana jumlah pemesan tiket membludak.

"Ya semoga transportasi kayak kereta dan lain-lain itu dipermudah ya untuk kita beli tiket. Kadang kan sering banget kita susah mendapat menjelang lebaran itu, dari dulu sampai sekarang itu masih susah," tuturnya.

"Walaupun modanya sudah banyak tapi operasionalnya kita untuk membelinya itu kadang banyak kan, begitu banyak pemain di dalamnya makin ke sini juga nggak ada peningkatan kemudahan beli tiket," Tri menambahkan. 

Baca Juga: Terjebak di antara Besi Jembatan Lintasan Kereta Api Banyumas, Mobil Pemudik Sebabkan 1 KA Tertahan

Sebagai gambaran, 18 ribu penumpang kereta api berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (19/4) hari ini atau H-3 lebaran. Total, ada 38 kereta api yang beroperasi hari ini. 

Kepala Humas Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, Daop 1 Jakarta yang meliputi Stasiun Senen dan Stasiun Gambir mulai memasuki masa puncak arus mudik dengan tingkat okupansi penumpang mencapai 100 persen.

"Untuk hari ini sekitar 23.900 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi, sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 18.000 dengan layanan 38 KA beroperasi," kata Eva Chairunisa. 

Baca Juga: Jelang Lebaran Idulfitri 2023 Omzet Pedagang Kue di Pasar Jatinegara Sentuh Rp20 Juta Per Hari




Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x