Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Nikmatnya Menu Buka Puasa Sego Wiwit dan Jangkruk

Kompas.tv - 17 April 2023, 15:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Menikmati suasana sore hari di tengah hamparan tanaman padi dan berlatar Pegunungan Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, menjadi sensasi tersendiri menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Udara yang sejuk di daerah Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, sangat cocok untuk menikmati menu sego wiwit yang menjadi salah satu pilihan kuliner yang bisa dinikmati untuk menu buka puasa.

Sego wiwit yang biasanya hanya bisa ditemukan saat perayaan Wiwitan atau musim panen padi, kini bisa dinikmati kapan saja dan menjadi menu unggulan di rumah makan ini.

Nasi putih yang dipadukan dengan gudangan, sayuran, telur, pethek atau ikan asin serta sambel gepleng, menghadirkan sensasi berbeda saat menyantapnya.

Untuk menu minuman, rumah makan ini juga menawarkan menu kearifan lokal, yakni jangkruk atau jahe serai cengkeh dan jeruk. Minuman ini bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa yang menyehatkan.Nikmat

“Menu spesial dari Dadap Sumilir itu ada nasi wiwit dan mangut lele. Jadi memang kita sajikan menu ini khusus untuk berbuka puasa, karena kita selalu menghadirkan kearifan lokal,” ucap Awang, pengelola Rumah Makan Dadap Sumilir.

Cici Dwi Gia, salah satu pengunjung Rumah Makan Dadap Sumilir mengaku, sego wiwit susah ditemui di perkotaan.

“Enak sih suasananya buat ngabuburit. Kalau sego wiwit itu susah nyarinya, jadi cuma ada di sini,” kata Cici Dwi Gia.

Pengunjung hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp 12.000 saja untuk bisa menikmati satu porsi sego wiwit. Dan minuman hangat jangkruk juga dijual terjangkau, mulai Rp 7.000 hingga Rp 8.000 saja.

Jika anda berada di Yogyakarta, mampir saja untuk ngabuburit di Dadap Sumilir, sambil berbuka puasa dan menikmati sejuknya Pegunungan Menoreh.

#bukapuasa #ramadan #kuliner



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x