Kompas TV regional berita daerah

Jalur Tegal-Purwokerto Diprediksi Jadi Titik Rawan Kemacetan Arus Mudik Lebaran

Kompas.tv - 17 April 2023, 11:45 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Ini adalah kondisi ruas jalan di jalur Tegal-Purwokerto yang diperkirakan akan menjadi titik rawan kemacetan pada arus mudik Lebaran mendatang. Jalur ini merupakan titik temu kendaraan yang keluar dari tol Pejagan dan kendaraan dari arah Tegal menuju Cilacap, Purwokerto hingga Yogyakarta.

 

Kemacetan dipicu karena ruas jalan tidak sebanding dengan volume kendaraan saat arus mudik. Adanya pasar tumpah di sekitar Pasar Linggapura/Tonjong juga memicu kemacetan semakin parah.

 

Kemacetan di titik ini juga disebabkan oleh banyaknya aktivitas masyarakat menyeberang jalan dan angkutan umum serta andong yang berhenti sembarangan. Untuk mengatasi kemacetan parah, Polres Brebes akan menyiapkan tim urai macet dari Satlantas dan Sat Sabhara di ruas jalan ini.

 

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq mengatakan bahwa pihaknya juga akan melakukan one-way lokal secara situasional. Pemberlakuan one-way, polisi akan menutup akses jalan menuju titik macet serta menutup kendaraan dari arah Purwokerto.

 

Selain pasar tumpah, tanjakan Ciregol juga diperkirakan akan menjadi titik rawan macet. Hal ini terjadi karena banyak kendaraan yang melambat saat menanjak sehingga akan menimbulkan antrian panjang di belakangnya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x