Kompas TV regional berita daerah

Bertahan di Wilayah Penyebaran Penyakit Endemik Demam Keong

Kompas.tv - 15 April 2023, 22:44 WIB
Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV - Demam keong atau penyakit sistomiasis menjadi satu penyakit endemik di Kabupaten Poso dan Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Wilayah penyebarannya berada di perkebunan warga bahkan di dekat pekarangan rumah.

Di tahun 2022 ada 106 warga Kecamatan Lore Tengah Kabupaten Poso positif sakit demam keong. Pengobatan pun telah dilakukan setelah obat didistribus pada awal tahun 2023.

Kini upaya pencegahan masih terus dilakukan untuk penekanan jumlah pasien demam keong. Penyakit demam keong ini berasal dari cacing parasit sistosoma.

Parasit ini hidup di dalam tubuh keong berukuran kecil kemudian masuk ke dalam tubuh manusia. Para penderita demam keong ini akan merasa sakit dan susah beraktifitas.

Pada proses penyembuhannya pasien akan diberikan obat bernama praziquantel. Obat ini diproduksi di luar Indonesia. Sehingga salah satu kendala adalah penyediaan obatnya.

Penyakit Sistomiasis ini akan menjangkit berulang jika penderitanya tak memperhatikan kebersihan ketika masuk wilayah penyebarannya. Imbauan terus dilakukan dengan membantu warga membersihkan lahan yang masuk dalam fokus demam keong.

#DemamKeong #Sistomiasis #PenyakitEndemik 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x