Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Enam Korban Tewas Kecelakaan Beruntun Tol Semarang-Solo di Boyolali Berhasil Dievakuasi

Kompas.tv - 14 April 2023, 11:12 WIB
enam-korban-tewas-kecelakaan-beruntun-tol-semarang-solo-di-boyolali-berhasil-dievakuasi
Kecelakaan beruntun terjadi di KM 487 ruas Tol Semarang-Solo di wilayah Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/4/2023). (Sumber: Kompas TV/Kompas.tv/Ant)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Enam korban tewas dalam kecelakaan beruntun di ruas Tol Semarang-Solo di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/4/2023) berhasil dievakuasi.

"Kami catat untuk korban meninggal ada enam orang yang terdiri dari empat penumpang Elf, satu kernet truk boks dan satu sopir truk trailer pengangkut besi," kata Kasat Lantas Polres Boyolali AKP Herdi Pratama, Jumat (14/4) dilansir dari Antara.

Terbaru, petugas gabungan yang terdiri dari pengelola tol, Satlantas Polres Boyolali, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berhasil mengevakuasi satu korban meninggal dunia yang terjepit di kendaraan truk boks.

Untuk mengevakuasi satu korban yang terjepit di kendaraan truk boks warna hijau itu, petugas gabungan harus menggunakan alat berat untuk mengambil korban. Akan tetapi, akhirnya korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit.

AKP Herdi juga menyatakan ada tujuh orang luka-luka, termasuk satu di antaranya luka berat.

"Satu korban luka berat dan enam orang lainnya luka ringan," jelasnya.

Baca Juga: Akibat Kecelakaan Beruntun, Tol Semarang-Solo di Daerah Boyolali Dibagi Jadi Dua Jalur

Ia menerangkan, pihaknya belum bisa memberikan keterangan terkait identitas korban karena masih diidentifikasi. 

Namun, ia memastikan, korban meninggal dan luka-luka sudah berhasil dievakuasi semua ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan Arang Boyolali dan RS Indriati Boyolali. 

Petugas berwajib kini masih melakukan evakuasi kendaraan dan segera melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Sebuah truk boks ringsek dan terguling usai mengalami kecelakaan beruntun di Tol Semarang-Solo, Jumat (14/4/2023) pagi. Sopir truk yang masuk dalam satu dari total 6 korban tewas sudah berhasil dievakuasi. (Sumber: Tangkapan layar KompasTV)

Herdi menerangkan, ada delapan kendaraan yang terlibat kecelakaan di Jalan Tol Solo-Semarang ini, tepatnya 600 meter dekat di rest area Bale Nglaras KM 487 Desa/Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/4). 

Dari hasil pantauan di lokasi kejadian kecelakaan, sebuah truk trailer pengangkut besi cor menabrak delapan kendaraan yang terparkir di tepi jalan tol sekitar pukul 04.00 WIB. 

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Beruntun Tol Semarang-Solo 6 Tewas di Boyolali: Kendaraan Parkir Ditabrak

Herdi mengatakan, sekitar pukul 04.00 WIB, sopir truk trailer yang mengangkut besi dari arah Semarang melaju menuju Solo itu diduga mengantuk. Selain itu, rem truk tersebut juga blong karena kelebihan muatan, sehingga saat mengerem tidak berfungsi dengan baik.

Truk tralier mengangkut besi tersebut di lokasi kejadian menabrak mobil Elf di depannya. Setelah itu, menabrak truk-truk di bahu jalan yang sedang parkir sehingga kendaraan banyak yang keluar dari jalan tol.

"Jadi truk trailer bawa besi berjalan dari arah Semarang kemudian menabrak Elf yang berjalan di depannya dan kemudian menabrak satu truk boks dan lima truk trailer yang sedang parkir di bahu jalan," katanya.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Tol Semarang-Solo, Korban Meninggal Dunia Kebanyakan Penumpang Minibus


 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x