Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pemudik Kapal Mulai Memadati Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Kompas.tv - 13 April 2023, 13:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kapal Motor (KM) Lawit milik PELNI yang berkapasitas 1.000 penumpang, merapat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, pada hari Rabu (12/4/2023) pagi. KM Lawit dari Pontianak ini mengangkut pemudik asal Pulau Jawa yang bekerja di Pulau Kalimantan.

Setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, pemudik yang menempuh perjalanan selama satu hari di kapal ini, kemudian melanjutkan perjalanan ke kota tujuan mereka dengan menggunakan armada darat.

Untuk arus mudik tahun ini, PT. PELNI telah menyiapkan kapal motor dengan kapasitas 1.000 dan 2.000 penumpang.

“Untuk arus Angkutan Lebaran 2023 ini, PELNI mengerahkan 6 kapal. 5 kapal dengan kapasitas 1.000 dan satu kapal berkapasitas 2.000,” kata Agus Suprijanto, Kepala PT. PELNI Cabang Semarang.

Para pemudik rata-rata mengaku, sengaja mudik lebih awal agar lebih nyaman dan untuk menghindari kepadatan penumpang.

“Saya jauh hari sudah pesan tiket. Saya mudik lebih awal karena untuk menghindari keramaian, supaya lancar gitu (perjalanannya). Jadi, tidak terlalu banyak penumpang,” ujar Mulyadi, pemudik.

Jumlah pemudik dari luar pulau ini diperkirakan akan mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Selain karena pembatasan telah dicabut, banyak calon pemudik yang sebelumnya menunda pulang kampung, memutuskan untuk mudik tahun ini.

#lebaran #arusmudik #pelabuhantanjungemassemarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x