Kompas TV regional kalimantan

Nobar Film Biografi Ulama Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari Jadi Cara Warga Banjarbaru isi Ramadan

Kompas.tv - 9 April 2023, 15:23 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Di Bulan Ramadan kali ini pemutaran film biografi Ulama Besar asal Kalimantan Selatan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari turut mewarnai kegiatan warga Banjarbaru untuk bersantai atau menunggu waktu sahur.

Film diputar di tempat unik bernama Misbar di ruang terbuka Hijau Taman Pintar Banjarbaru  yang memiliki nuansa layar tancap dan arena teater terbuka.

Baca Juga: Berpuisi Tunggu Buka Puasa, Sanggar Kindai Seni Kreatif Kenalkan Mahabupua Sebagai Edukasi Literasi

Film ini menceritakan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari.

Pengarang Kitab Sabilal Muhtadin    sepulang dari Timur Tengah ke Indonesia dan sempat bersinggah di Jakarta.

Di Jakarta, Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari sudah menunjukkan keilmuannya seperti memperbaiki arah kiblat di sejumlah masjid.

"Karena tokoh film yang diangkat, sosok besar yang kisahnya mendunia, sebagai orang lokal tertarik," ungkap Haikal seorang penonton.

"Dengan film ini semakin menebalkan kecintaan terhadap ulama," ucap seorang pemain di film Matahari dari Bumi Banjar, Novita.

Baca Juga: KSOP Kelas I Banjarmasin Pastikan Kesiapan Pelabuhan Sambut Arus Mudik-Balik Lebaran 2023

Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari yang dikenal dengan gelar  Datu Kelampaian lahir pada tahun 1710 di Martapura salah satu pusat keagamaan islam di Indonesia pada abad ke-16.

Pemutaran film berjudul Matahari dari Banjar ini  diharapkan dapat mengenalkan tokoh ini pada generasi muda muslim dan menjadi teladan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x