Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jelang Arus Mudik, Peminat Uji KIR Meningkat

Kompas.tv - 7 April 2023, 13:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BATANG, KOMPAS.TV - Menjelang arus mudik Lebaran 2023, puluhan kendaraan barang maupun angkutan penumpang memadati halaman Dinas Pehubungan (Dishub) Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kendaraan menunggu giliran Uji KIR yang kenaikannya mencapai 100 persen dibanding hari biasa.

Suasana area parkir Dishub Kabupaten Batang tidak seperti biasanya. Kendaraan menunggu giliran pemeriksaan petugas ramp check (Uji KIR).

Kendaraan bermotor angkutan Lebaran, baik barang maupun petugas, satu persatu diperiksa petugas, baik kelengkapan surat-surat dan kelengkapan lainnya seperti lampu penerangan, cek kekuatan rem, dan lainya.

Pemeriksaan rutin wajib dilakukan karena pemilik kendaraan harus memeriksakan kondisi kendaraannya laik jalan atau tidak. Kegiatan ini juga penting dilakukan demi kendaraan aman dan nyaman, khususnya angkutan umum.

“Saya ini nunggu antrean KIR untuk persiapan arus mudik Lebaran,” ucap Edi, sopir bus.

Menjelang arus mudik Lebaran tahun ini, antusias masyarakat dalam ketaatan untuk melakukan proses pengujian kendaraan atau Uji KIR mengalami peningkatan yang signifikan.

Dari hari biasanya yang hanya di kisaran 20 unit kendaraan penumpang maupun barang, saat ini bisa mencapai di kisaran 40 sampai 50 unit per harinya.

“Menjelang Lebaran ini banyak armada-armada yang dilakukan KIR karena akan digunakan untuk pengangkutan kebanyakan ke luar kota,” kata Dwi Iriyanto, Plt Kadishub Batang.

Uji KIR selain sebagai persyaratan administrasi kelengkapan surat-surat jalan, juga wajib lolos uji emisi gas buang, kecerahan kaca lampu, kincup roda, rem dan berat sumbu, serta ruang kecepatan.

#lebaran #ramadan #arusmudik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x