Kompas TV regional bali nusa tenggara

Perkuat Ekonomi Masyarakat, Pasar Tematik Wisata & Mall Pelayanan Publik Akan Hadir Di Klungkung

Kompas.tv - 6 April 2023, 16:12 WIB
perkuat-ekonomi-masyarakat-pasar-tematik-wisata-mall-pelayanan-publik-akan-hadir-di-klungkung
Foto : Kamis (6/4/2023) pagi Gubernur Bali, I Wayan Koster didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan peletakan batu pertama sekaligus dimulainya proyek pembangunan pasar tematik wisata Semarapura, Klungkung, Bali. (Sumber: Kompas TV Dewata)
Penulis : KompasTV Dewata


KLUNGKUNG, KOMPAS TV -  Untuk meningkatkan dan memperkuat perekonomian masyarakat pasca pulih dari Pandemi Covid-19, dan mendukung pariwisata di Kabupaten Klungkung Bali, saat ini dibangun pasar Tematik Wisata, di kawasan pasar Seni Semarapura Klungkung. Pembangunan pasar ini merupakan, blok B pasar lama yang dibongkar termasuk bangunan tempat suci padmasana pasar.  Di pasar ini sedikitnya ada 1.282 pedagang yang berjualan dan saat ini sudah direlokasi kesejumlah tempat untuk sementara waktu. Dan pembangunan pasar dilaksanakan selama 210 hari kalender dimulai awal bulan April ini, dan masa pemeliharaan 180 hari.

Pada Kamis (6/4/2023) pagi Gubernur Bali, I Wayan Koster didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan peletakan batu pertama. Sekaligus dimulainya proyek pembangunan pasar tematik wisata Semarapura ini. “Kalau pasar itukan merupakan pusat aktifitas ekonomi mayarakat yang merupakan kebutuhan utama untuk pemberdayaan ekonomi, apalagi Klungkung memiliki produk lokal yang sangat kratif inovatif seperti endek, songket, dan produk lokal lain yang berkualitas,” papar Gubernur Bali.

Lebih lanjut Gubernur Bali mengatakan, pembangunan pasar ini dibangun dari Dana penerima dana DAK (Dana Alokasi Khusus) Bidang Perdagangan 2023 dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Rp 75 miliar. Namun, setelah tender proyek bisa dikerjakan oleh pihak kontraktor dengan dana sebesar Rp 58, 8 Miliar lebih. 
Selain Pasar Tematik Wisata, Gubernur Bali juga melakukan peletetakan Baru pertama pada Mall Pelayanan Publik Klungkung yang dibangun bersamaan dengan pasar, senilai Rp 11,7 M lebih bersumber dari BKK Provinsi dan APBD Kabupaten Klungkung, dengan waktu pelaksanaan 180 hari. 

“Pentingnya pelayanan Publik adalah untuk meningkatkan kkinerja dan mempercepat akses masyarakat dalam mengurus administrasi,” tambah Koster. Sementara Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengatakan,  pembanguan sudah direncanakan sejak sebelum adanya pandemi covid 19 dan baru tahun ini bisa terwujud.  “Pasar dan mall pelayanan publik ini kedepan akan menjadi pusat kegiatan masyarakat, dan disiapkan menjadi paket dalam citi tour Klungkung  dengan pariwisata pendukung lainya seperti Kertagosa, Goa Lawah dan Desa Wisata,” kata Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan, semua dibangun untuk pelayanan kepada masarakatnya, dengan pendukung-pendukung lainnya didalampasar nantinya sehingga interaksi antar pedagang dengan pembeli lebih leluasa dan nyaman dengan adanya fasilitas yang baik dalam pasar ini.  “pada Mall pelayanan public juga demikian, pelayanan satu pintu diterapkan, agar masyarakat lebih mudah dalam akses semua kegaitan yang diinginkan seperti pengurusan ijin, pengurusan kependudukan dan hal lainnya,” tandas Bupati asal Pilau Ceningan ini. (Krista)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x