Kompas TV regional jawa timur

Gunung Semeru Keluarkan Guguran Lava Disertai 6 Kali Letusan

Kompas.tv - 5 April 2023, 20:07 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Gunung semeru di Lumajang  Jawa Timur kembali mengeluarkan guguran lava sejauh 2 kilometer dari puncak kawah jonggring saloko. Guguran lava disertai 6 kali letusan dengan tinggi enam ratus meter ke arah utara.

Berdasarkan rekaman kamera pemantau pada Rabu (5/4/2023), gunung semeru terlihat mengeluarkan guguran lava sejauh 2 kilometer. Beruntung material guguran lava yang meluncur tidak terlalu banyak sehingga tidak sampai membentuk awan panas guguran.

Berdasarkan laporan dari pos pantau gunung semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa itu juga mengeluarkan letusan sebanyak 6 kali dengan tinggi 5 hingga 6 ratus meter ke arah utara. Menurut kepala pelaksana BPBD Lumajang, Patria Dwi Hastiadi, guguran lava kali ini masih aman dan jauh dari pemukiman warga.

Baca Juga: Viral Video Tanah Bergoyang di Tepi Sungai Aliran Lahar Dingin Semeru

Kepala BPBD Lumajang menghimbau warga untuk mewaspadai potensi awan panas guguran yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Karena saat ini tumpukan material di daerah puncak maupun ujung lidah lava masih cukup banyak. Jika terpicu oleh hujan maupun kondisi yang tidak stabil, maka tumpukan material lava bisa gugur dan membentuk awan panas.

 

#gunungsemeru  #lumajang  #bpbd  #awanpanasguguran  #lavapijar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x