Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Masak Bubur India Disajikan Untuk Berbuka Puasa

Kompas.tv - 3 April 2023, 17:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bubur India, kuliner yang hanya disajikan saat bulan Ramadan selalu menjadi menu andalan untuk berbuka puasa. Tradisi memasak dan membagikan bubur india di Masjid Pekojan, Kota Semarang, Jawa Tengah, dipercaya sudah berlangsung lebih dari ratusan tahun lalu, dan saat ini sang juru masaknya sudah masuk generasi ke-4.

Bahan-bahan untuk membuat bubur India ini sekilas tampak seperti bahan bubur pada umumnya. Namun Sabirin, sang juru masak membeberkan bahwa ada bumbu keikhlasan yang membuat bubur India ini semakin spesial. Walaupun harus mengaduk bubur selama berjam-jam, tapi ia tetap merasa senang karena bubur buatannya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Selain karena perasaan ikhlas, Sabirin dan juru masak lain juga tak pelit menambahkan rempah-rempah. Hal ini yang membuat aroma bubur india begitu menggugah selera saat sudah matang.

“Saya senang dan ikhlas menjadi juru masak bubur India ini. Saya sudah delapan tahun jadi juru masak bubur India. Jadi setelah juru masak dulu meninggal, terus saya masuk ke sini langsung masak,” ujar Sabirin.

Setiap harinya, 200-300 porsi bubur India siap untuk disajikan pada jemaah masjid, masyarakat sekitar, hingga musafir yang sekadar singgah berbuka puasa di Masjid Pekojan.

“Yang beda itu cita rasanya. Kalau bubur biasa cuma pakai santan sama garam. Kalau bubur India ini ada manis jangan, kapulaga, cengkeh dan lainnya,” kata Ali Baharun, takmir Masjid Pekojan.

Suswanto, pecinta bubur india mengaku, ia setiap hari datang ke Masjid Pekojan untuk berbuka puasa.

“Karena di sini (Masjid Pekojan) ada hidangan buka puasa yang istimewa, yaitu bubur India,” ucap Suswanto.

Selama ratusan tahun, takmir Masjid Pekojan selalu berkomitmen untuk menyajikan bubur india. Dana untuk membeli bahan-bahannya murni dari hasil kas Masjid Pekojan. Takmir masjid tak ingin membebani donatur sehingga lebih menyarankan untuk siapapun yang ingin menyumbang, bisa dimasukan  langsung ke kotak amal masjid.

Tradisi bubur India hanyalah satu diantara banyaknya kuliner khas Ramadan yang ada di Semarang. Jadi apa kuliner khas Ramadan yang ada di kotamu?

#ramadan #bukapuasa #kuliner



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x