Kompas TV regional berita daerah

Optimalkan Kapal Ternak, KSOP Banjarmasin Pastikan Suplai Sapi di Kalsel Selama Ramadan Lancar

Kompas.tv - 18 Maret 2023, 05:33 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - KM Camara Nusantara 2 bersandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, rabu siang (17/3/2023). 

Kapal khusus hewan ternak tersebut tiba mengangkut 550 ekor sapi yang didatangkan dari Kupang-NTT.

Sebelum sapi didistribusikan ke daerah-daerah di Kalsel, kapal hingga alat pengangkut terlebih dahulu didisinfeksi dan sapi menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan oleh Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin.

Baca Juga: Aksi Pencuri di TK Pembina Martapura Terekam CCTV! Pelaku Bahkan Nekat Beraksi di Sore Hari

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin, Nur Hartanto, menyatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan termasuk pada Penyakit Mulut dan Kuku Sapi dan hasilnya seluruh sapi dinyatakan sehat.

"Bahwa hewan ini dinyatakan sehat, bebas dari PMK dan Zoonosis," ungkap Nur Hartanto. 

Sementara itu Kepala Kantor kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasinn Agustinus Maun, menyatakan, kapal ternak ini merupakan bentuk komitmen Kementerian Perhubungan yang dioptimalkan untuk memastikan stok sapi selama ramadan dan idul fitri tahun ini akan mencukupi kebutuhan di Kalsel.

KSOP memastikan pula kapal telah menerapkan standar animal welfare serta mencegah penularan penyakit hewan ternak, terlebih yang bersifat zoonosis.

"Pemerintah melalui kementerian perhubungan ingin memastikan suplai aman selama ramadan, kapal ini memang didesain khusus untuk hewan ternak," terang Agustinus Maun.

Baca Juga: 24 Calon Pelatih Panjat Tebing Indonesia Ikuti Ujian Level I di Banjarbaru

Kepala Subdirektorat Angkutan Laut Dalam Negeri Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Capt Jackline Maltus Kapistrano, menyatakan saat ini Indonesia telah memiliki 6 kapal ternak serupa dengan misi optimalisasi ruang muat.

Sehingga masyarakat diimbau memaksimalkan kegunaan ruang kapal sebaik mungkin.

"Kita apresiasi apa yang telah dilakukan KSOP Banjarmasin, dan kita mengimbau masyarakat untuk menggunakan ruang muat sebaik-baiknya." tutupnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x