Kompas TV regional berita daerah

Buffer Zone Depo BBM 25-40 Meter dari Tangki

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 15:56 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Usai kejadian kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, DKI Jakarta, kini Pertamina melakukan kajian sejumlah depo bahan bakar miliknya. Termasuk Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (RJBT) yang juga melakukan pengkajian sejumlah depo bahan bakar yang ada di wilayahnya.

Brasto Galih Nugroho, Area Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Patra Niaga RJBT mengatakan, saat ini pihaknya menunggu pengkajian seluruh depo yang dilakukan oleh Pertamina pusat. Hasil dari pengkajian oleh Pertamina pusat tersebut, nantinya juga akan dijadikan sebagai acuan rencana relokasi permukiman warga sekitar depo.

Sesuai aturan jarak dari dinding tangki BBM ke permukiman warga antara 25 hingga 40 meter. Luas Depo Pengapon sendiri mencapai 164.000 meter persegi, dan terdapat 16 tangki BBM.

Sedangkan kapasitasnya mencapai 118.000 kiloliter, dan penyaluran BBM ke masyarakat mencapai 6.500 liter per hari. Pertamina RJBT sendiri memiliki sejumlah depo BBM seperti Pengapon, Tegal, Bantul, Boyolali, Cepu dan Cilacap.

“Kalau untuk di Pengapon ini sendiri rata-rata jarak dari dinding tangki BBM-nya 41 meter. Kemudian di tempat lain juga ada Buffer Zone terkait dengan dinding tangki BBM tersebut,” kata Brasto.

Depo Pengapon sendiri juga menerapkan standar keamanan kerja yang tinggi, termasuk memiliki truk pemadam kebakaran sendiri, dua kolam pemadam, hidran, pompa pemadam, pipa pemadam dan berbagai perangkat keselamatan lainnya.

#pertamina #kebakaran #bbm



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x