Kompas TV regional berita daerah

Jelang Ramadhan, Harga Bumbu Dapur di Malang Melonjak

Kompas.tv - 9 Maret 2023, 22:15 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Menjelang bulan Ramadan, harga sejumlah bumbu dapur di pasar mulai melonjak  Kenaikan signifikan terjadi pada cabai rawit yang mencapai Rp 80.000 per kilogram.

Sudah lebih dua pekan menjelang bulan Ramadan, komoditi bumbu dapur di pasar tradisional Kota Malang mulai pekan ini mengalami kenaikan. Seperti di Pasar Besar Malang, kenaikan harga ini terjadi pada cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah dan bawang putih. 

Cabai rawit yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 60.000 per kilogram kini naik menjadi Rp 80.000 per kilogram. Untuk cabai merah besar yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 30.000 per kilogramg, kini naik mejadi Rp 40.000 per kilogram.

Sedangkan bawang merah yang pada pekan lalu dijual dengan harga Rp 35.000 per kilogram, mulai pekan ini naik menjadi Rp 40.000 per kilogram, dan bawang putih dari harga Rp 18.000 per kilogram naik menjadi Rp 20.000 per kilogram. Pedagang mengaku, kenaikan harga komoditas ini terjadi awal pekan ini. 

Kenaikan harga ini dikarenakan pasokan dari petani yang tersendat. Selain itu bulan ramadhan yang tinggal dua pekan lagi, membuat harga berangsur naik.

"Mau puasa ini hampir semua naik, pasokan dari petani juga agak tersendat," Kata Agus, salah satu pedagang, Kamis (09/03/2023). 

Pedagang juga menambahkan kenaikan harga ini biasa terjadi saat menjelang bulan ramadhan, dan biasanya harga akan kembali turun setelah bulan puasa berjalan sepekan.

#jelangramadhan #hargabumbudapur

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x