Kompas TV regional berita daerah

Sambal Goreng Durian Mengkal: Kreasi Unik dari Randu Sari yang Wajib Dicoba!

Kompas.tv - 9 Maret 2023, 00:57 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Seorang ibu warga Randu Sari, Gunung Pati, Semarang berhasil menciptakan olahan sambal goreng yang sangat unik dan berbeda dari yang biasa kita kenal. Sambal goreng durian mengkal, begitulah nama yang diberikan pada olahan ini. Mungkin terdengar aneh, namun buah durian yang belum matang atau mengkal, berhasil disulap menjadi hidangan yang sangat lezat.

 

Biasanya sambal goreng terbuat dari kentang, rambak, dan ampela ati, namun sambal goreng satu ini justru terbuat dari buah durian. Jika Anda ingin mencoba membuatnya, persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti buah durian yang belum matang, udang, petai, bumbu-bumbu seperti cabe rawit, bawang, merica, gula, dan santan.

 

Cara membuatnya pun cukup mudah, potong kecil-kecil daging durian yang masih keras atau mengkal, kemudian haluskan semua bumbu. Langkah selanjutnya, tumis bumbu dan jika sudah berbau harum masukkan udang dan petai. Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan jika sudah mendidih baru masukkan santan. Langkah terakhir, masukkan irisan duriang dan tunggu hingga matang.

 

Sambal goreng durian mengkal ini lebih cocok disantap dengan lontong atau ketupat. Meski sudah menjadi olahan sambal goreng durian, namun rasa duriannya masih terasa. Belum lagi kuah santannya yang terasa pedas dan gurih, membuat selera makan Anda semakin bertambah.

 

Ibu warga Randu Sari ini telah menciptakan sebuah olahan yang sangat unik dan patut untuk dicoba. Siapa tahu, sambal goreng durian mengkal akan menjadi hidangan baru yang diminati banyak orang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x