Kompas TV regional berita daerah

Kota Oarai Akan Jadi Contoh Benahi Daerah Perikanan di Sulut

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 09:35 WIB
Penulis : KompasTV Manado

JEPANG, KOMPAS.TV- Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, memanfaatkan momen kunjungan ke Jepang dengan melihat langsung pelabuhan ikan, pasar ikan serta mencicipi kuliner Seafood di salah satu kota perikanan terkenal di Jepang yakni kota Oarai.

Kota Oarai sama seperti kota Manado maupun kota Bitung, merupakan daerah perikanan dan pelabuhan, bagian dari prefektur Ibaraki. Kota Oarai biasa disebut kotanya orang Manado karena banyak sekali orang Manado yang tinggal dan bekerja di kota ikan ini.

Kota Oarai terkenal dengan kuliner Seafoodnya, tidak heran jika di sepanjang pantai berjejer restoran dengan beragam menu Seafood.

Pasar ikan di kota Oarai dikelola secara baik dan higienis sehingga ketika Gubernur dan rombongan tiba di sebuah pasar ikan,  tidak tercium aroma amis ikan maupun sea food. Pada umumnya restoran disini sudah sekaligus berjualan ikan dan sea food.

Gubernur Olly Dondokambey berharap kota manado dan kota bitung bisa seperti kota Oarai, terutama dalam hal pengelolaan pasar ikan dan kuliner.

Wali kota Manado dan Wali kota Bitung saat di wawancarai Kompas TV  mengatakan, akan berupaya membenahi infrastruktur penunjang di bidang perikanan, seperti  pengelolaan tempat pelelangan ikan dan kuliner dengan mendorong masyarakat dan pelaku usaha mengutamakan kebersihan.

Sementara, Kenny Nanik, salah satu pengusaha yang dibawa Gubernur dalam kunjungan ke Jepang, mengaku senang karena dibukanya akses Manado-Narita Tokyo-Jepang telah mempermudah para pengusaha untuk melakukan pengiriman produk perikanan ke Jepang.

Penerbangan langsung Manado-Narita Tokyo telah dibuka sejak 2 Maret 2023. Penerbangan yang bekerjasama dengan maskapai Garuda Airlines, dijadwalkan seminggu sekali, setiap Kamis dari Manado dan setiap Selasa dari Narita.

#kompastvmanado #ollydondokambey #garudaairlines

Donny Aray Kompas tv Kota  Oarai Jepang

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x