Kompas TV regional berita daerah

Calon Jemaah Haji di Kota Semarang Mulai Kumpulkan Paspor

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 16:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG,KOMPAS.TV - Pengumpulan paspor mulai dilakukan oleh calon jemaah Haji di Kota Semarang dilakukan di gedung layanan haji dan Umroh terpadu, di Jalan Untung Suropati, Manyaran, Kota Semarang.

Meski pelaksanaan naik haji masih tiga bulan lagi, namun sejumlah jemaah calon haji memilih lebih awal mengumpulkan pasportnya dan sejumlah dokumen pendukung lainnya. Sejumlah calon jemaah Haji mengaku senang dapat diberangkatkan tahun ini, sebab mereka mengaku sudah menunggu lama. Terlebih sebagian dari mereka merupakan jemaah yang keberangkatannya ditunda pada tahun lalu karena pandemi Covid-19. Sehingga mereka merasa bersyukur akan diberangkatkan tahun ini dan berharap perjalanan hajinya nanti dapat berjalan lancar.

“Perpanjangan pasport, terus kita kembalikan ke Kemenag untuk ngurus visanya dan untuk yang lainya seperti kesehatan sudah. Alhamdulilah karena sudah menunggu dari 2012 yang seharusnya berangkat di tahun 2020 karena covid,” kata Unggul Kusumo Widagdo, calon jemaah haji.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Mukhlis Abdillah, mengatakan kuota calon jemaah haji di Kota Semarang Tahun 2023 sejumlah 1.784 orang. Untuk memperlancar proses pemberangkatan haji, Mukhlis mengimbau supaya para calon jemaah haji segera menyiapkan dokumen pendukung, seperti bukti setoran awal dan paspor. Selain itu, para calon jemaah haji diminta untuk selalu menjaga kesehatan.

“Bagi jamaah yang akan berangkat tahun ini, yang dipersiapkan adalah dokumen haji berupa bukti setoran awal dan kesiapan pelunasan, pasport dan kesiapan kesehatan terutama dalam menjaga kesehatan,” ucap Muklis Abdillah.

Sesuai rencana, pemberangkatan jemaah haji Indonesia akan dimulai pada 24 Mei tahun ini. Namun, untuk kloter dari Kota Semarang masih menunggu jadwal dari Kementerian Agama.

#haji #umroh #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x