Kompas TV regional berita daerah

Unmul Dan Penerbit KG Media Bedah Buku Aldera

Kompas.tv - 3 Maret 2023, 11:38 WIB

SAMARINDA, KOMPAS TV - Kuliah umum dan bedah buku Aldera, yang diselenggarakan Universitas Mulawarman dan penerbit Kompas Gramedia, di GOR 27 September, dihadiri ribuan mahasiswa dan beberapa kepala daerah di Kaltim.

Dalam cerita buku Aldera ini, menggambarkan sejarah pergerakan politik kaum muda, dalam memperjuangkan reformasi dari tekanan politik Orde Baru.

Salah satu tokoh utama dalam buku Aldera adalah, Pius Lustrilanang, yang kini menjabat sebagai anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, menceritakan bahwa, Aldera atau Aliansi Demokrasi Rakyat merupakan gerakan kaum muda, yang memperjuangkan proses demokrasi pada tahun 90an.

Pius juga menegaskan, agar buku ini dapat memberikan gambaran kepada pemuda generasi saat ini, dalam memperjuangkan nilai nilai demokrasi.

Karena cerita singkat dalam buku Aldera ini, banyak pengorbanan para aktivis muda, yang menjadi sejarah melawan penindasan di jaman Orde Baru.

Sementara itu, rektor Universitas Mulawarman, Abdunnur menyampaikan, dengan adanya bedah buku Aldera ini dapat, membangun karakter dengan menanamkan nilai-nilai perjuangan reformasi dan demokrasi pada mahasiswa. Khususnya mahasiswa Kalimantan sebagai proses pembangunan Ibu Kota Negara.

Sementara itu, rektor Institut Teknologi Kalimantan, Agus Rubiyanto menyampaikan, rencana kegiatan bedah buku ini juga akan dilaksanakan di ITK dalam waktu dekat.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan buku Aldera, dan juga penanaman bibit pohon demokrasi, di halaman GOR 27 September kampus Universitas Mulawarman.

#bedahbuku #UNMUL #demokrasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x