Kompas TV regional berita daerah

Tertimbun Longsor, Jalur Malang - Kediri Terputus

Kompas.tv - 1 Maret 2023, 21:03 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Tanah longsor kembali terjadi di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Material longsor yang menutup seluruh badan jalan memutus akses kendaraan dari Malang - Kediri sejak Selasa (28/02/2023).  

Longsor di Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang ini terjadi pada Selasa malam, saat kawasan Pujon diguyur hujan deras. Hingga Rabu pagi petugas BPBD bersama warga sekitar. membersihkan material longsor yang menutup seluruh badan jalan. Dua alat berat diturunkan untuk membersihkan tanah longsor.

Isa Ansori petugas BPBD Kabupaten Malang menjelaskan, longsor yang terjadi pada Selasa malam terjadi beberapa kali. Diawali dengan longsoran pertama yang menutup sebagian jalan, dan berselang lama terjadi longsor susulan yang lebih besar.

Longsor yang terjadi di Desa Sukomulyo ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya pada Minggu malam di lokasi yang sama juga terjadi longsor. Namun longsor yang terjadi pada Selasa malam lebih besar, dengan ketinggian tebing sekitar 100 meter. 

Curah hujan yang cukup tinggi di kawasan Pujon menjadi kendala dalam pembersihan. Beberapa kali petugas harus berhenti karena lokasi yang cukup membahayakan bagi petugas.

"Longsor pertama terus ada longsor susulan yang lebih besar. Ketinggian tebing sekitar 100 meter, jadi yang longsor dari tebing paling atas" Kata Isa.

Di waktu yang hampir bersamaan ada empat titik longsor yang terjadi di sepanjang jalan penghubung Malang - Kediri. Akibat longsor ini, kendaraan roda dua dan roda empat harus memutar lebih jauh.

#longsorpujon #jalurmalangkediri 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x