Kompas TV regional gaya hidup

5 Subunit Grup K-Pop yang Perlu Kamu Tahu!

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 16:00 WIB
5-subunit-grup-k-pop-yang-perlu-kamu-tahu
Dalam beberapa grup idola K-Pop, ada subunit yang beragam. (Sumber: SM Entertainment/GOT The Beat dan Super M)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam grup K-Pop, tak hanya grup utama saja yang bisa naik ke permukaan. Terkadang, ada subunit yang berisi beberapa anggota dari grup utama tersebut. Alasan dibentuknya subunit ini pun beragam.

Salah satunya, yaitu kerinduan penggemar terhadap aktivitas grup. Terkadang, ada anggota yang harus hiatus atau merehatkan diri sehingga aktivitas grup pun ikut terhenti. Untuk mengisi kekosongan itu, dibentuklah subunit.

Salah satu subunit yang baru saja melangsungkan comeback adalah milik Seventeen, yaitu BSS (BooSeokSoon). Subunit yang beranggotakan Seungkwan, DK, dan Hoshi ini pun kembali lewat album “Second Wind”. 

Informasi lengkapnya dijelaskan dalam Kamjagiya Korea! episode “Sub-unit Seventeen, BSS Comeback Lewat Album Second Wind!” dengan tautan akses dik.si/KamKorBSS.

Selain Seventeen, ada grup-grup lainnya yang juga memiliki subunit. Siapa sajakah mereka?

GOT The Beat dan SuperM

Kedua grup ini adalah subunit yang berasal dari SM Entertainment. Uniknya, anggota subunit ini berasal dari grup yang berbeda-beda. GOT The Beat yang dibentuk pada 2022 beranggotakan Boa (solois), Tae Yeon dan Hyo Yeon (SNSD), Seul Gi dan Wendy (Red Velvet), serta Winter dan Karina (aespa).

Sementara itu, SuperM adalah versi laki-lakinya yang dibentuk lebih dulu pada 2019. Grup ini terdiri tujuh anggota, yaitu Tae Min (SHINee), Baek Hyun dan Kai (EXO), serta Tae Yong, Ten, dan Lucas (NCT).

Baca Juga: Mengapa Webtoon Sering Diadaptasi Jadi Drama Korea?

Pada Januari lalu, GOT The Beat baru saja merilis mini album dengan lagu utama berjudul “Stamp On It”. Sementara itu, SuperM terakhir merilis album “SuperOne - The 1st Album” pada 2022 dengan lagu utama “100”.

LOONA

LOONA adalah grup asal Block Berry Creative yang hingga kini sedang dilanda masalah. Padahal, grup dengan 12 perempuan bertalenta ini memiliki konsep yang unik. Sejak perkenalan sebelum debut, LOONA merilis lagu per anggota dan subunit.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x