Kompas TV regional peristiwa

Ledakan Dahsyat di Blitar Diduga Akibat Mercon, 2 Anak Pembuat Petasan Turut Tewas

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 11:19 WIB
ledakan-dahsyat-di-blitar-diduga-akibat-mercon-2-anak-pembuat-petasan-turut-tewas
Kondisi rumah terkena ledakan diduga mercon di  Ponggok, Blitar, Jawa Timur.(Sumber: Tribun Madura/Samsul Hadi)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

BLITAR, KOMPAS.TV - Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono menduga ledakan di Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, berasal dari bahan pembuatan petasan atau mercon yang tersimpan di rumah warga.

"Untuk sementara dugaan awal penyebab ledakan adalah mercon (petasan)," kata Argowiyono kepada wartawan di Bkitar, Jawa Timur, pada Senin (20/2/2023).

Baca Juga: Ledakan Hebat di Blitar Tewaskan 4 Orang dan 25 Rumah Rusak, Polisi: Ditemukan Potongan Tubuh

Namun demikian, kata Argowiyono, untuk memastikan penyebab terjadinya ledakan, pihak kepolisian masih menunggu hasil pemeriksaan dari tim laboratorium forensik.

Argowiyono mengatakan, saat ini pihak kepolisian setempat sudah melakukan sterilisasi hingga 100 meter dari jarak lokasi ledakan.

Selain itu, kata dia, sejumlah anggota kepolisian juga telah diperintahkan untuk berjaga-jaga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.


 

Saat ini, Argowiyono menuturkan, polisi tengah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) awal di lokasi kejadian yakni salah satu rumah warga bernama Darman.

Baca Juga: Mantan Kepala BAIS: Richard Eliezer Sebaiknya Tak Kembali ke Polri, Bahaya Bisa-bisa Dikerjai Dia

Dalam insiden ledakan itu, pemilik rumah berusia 65 tahun tersebut menjadi salah satu korban yang dinyatakan meninggal dunia.

Berdasarkan keterangan dari ketua rukun tetangga dan tetangga korban, selain korban Darman yang menempati rumah tersebut, ada juga kedua anaknya bernama Aripin dan Widodo.

Pada saat rumah Darman meledak, disebut juga ada saudaranya yang bernama Wawa. Saat itu, kebetulan saudaranya itu tengah bermain di rumah tersebut.

"Korban ledakan teridentifikasi meninggal dunia adalah pemilik rumah," ujar Argowiyono.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x