Kompas TV regional berita daerah

Tak Punya Tambahan Dana, Buruh di Kuningan Batal Naik Haji

Kompas.tv - 17 Februari 2023, 14:48 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

KUNINGAN, KOMPAS.TV - Ahmad, warga Desa dan Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan ini bersedih, tidak menyangka biaya haji mengalami kenaikan.

Usahanya menabung untuk berangkat haji sejak tahun 2013 lalu akhirnya pupus. Ahmad yang berusia 71 tahun ini, direncanakan berangkat haji pada tahun 2022, namun batal berangkat karena pengurangan kuota 50 persen, dan juga pembatasan usia 65 tahun.

Pria yang sudah memiliki tiga orang putra putri ini mengaku, keberatan dengan ketetapan pemerintah yang menaikan biaya haji menjadi Rp49.8 juta, dari yang sebelumnya Rp39.8 juta. Dia merasa tidak mampu untuk menambah biaya lagi, karena keterbatasan ekonomi baginya yang bekerja sebagai buruh bangunan mencari tambahan biaya sangat berat. Dia tidak pernah mendapatkan kepastian upah perbulan.

Rencana Ahmad melunasi tabungan hajinya pada tahun 2021 lalu batal karena covid-19, kali ini rencana Ahmad hendak melunasi tabungannya juga batal, karena kenaikan biaya haji. Ahmad akhirnya memutuskan untuk menunda keberangkatan ibadah haji. 

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG :https:www.instagram.comkompastvjabar

Youtube :https:www.youtube.comckompastvjaw...

Twitter :https:www.twitter.comkompastv_jabar

Facebook :https:www.Facebook.comkompastvjabar

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x