Kompas TV regional berita daerah

Warga Hentikan Truk Tambang Ilegal Karena Merusak Lingkungan

Kompas.tv - 15 Februari 2023, 20:15 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PASURUAN, KOMPAS.TV - Puluhan warga di Pasuruan Jawa Timur mensweeping sejumlah truk pengangkut pasir yang sedang melintas, pada Selasa (14/2/2023). Aksi itu sebagai bentuk protes atas maraknya proyek galian C ilegal yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Sebuah video amatir memperlihatkan proyek galian C di Desa Sibon Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Tampak lahan yang awalnya jadi resapan tadah hujan kini tergerus. Merasa lingkungannya terancam rusak, puluhan warga desa setempat mencegat dan menghentikan paksa sejumlah dump truk pasir yang melintas.

Warga meminta sopir dan kru galian C berhenti mengeruk lahan yang tersebar di 15 titik di Kecamatan Pasrepan. warga menilai belasan perusahaan tambang yang beroperasi tak memiliki izin operasional. Selain menyebabkan kerusakan lingkungan, eksplorasi alam menyebabkan jalan raya pasuruan menuju gunung bromo cepat rusak.

Baca Juga: Aksi Blokade Jalan Tuntut Pemberian Izin Tambang Kapur Gunung Sadeng

Perusahaan tambang bersikukuh jika aktivitas galian C memberi manfaat kepada masyarakat, terutama dalam membantu mendirikan lembaga sosial dan pendidikan.

Emosi warga meredah setelah pihak penambang bersedia berdialog dengan dimediasi muspika setempat. Namun warga mengancam akan menggelar aksi serupa jika tuntutannya tidak dipenuhi.

 

#TambangGalianC #tambangilegal #pasuruan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x