Kompas TV regional berita daerah

Inspiratif! Anggota TNI Rawat Puluhan ODGJ Yang Ditelantarkan

Kompas.tv - 15 Februari 2023, 17:11 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Bersama sejumlah relawan, Peltu Sugiyanto, mendatangi salah satu rumah warga di desa Gledug, kecamatan Sanankulon, kabupaten Blitar. Kedatangan anggota Kodim 0808 Blitar ini, untuk merawat salah satu anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa.

Dengan tulus, pria berusi 51 tahun tersebut memandikan dan membersihkan ODGJ yang tidak terawatt. Aksi sosial ini telah dilakukan oleh Peltu Sugiyanto sejak belasan tahun lalu.

Bukan hanya satu orang, namun Peltu Sugiyanto telah merawat puluhan ODGJ yang tidak terurus atau dipasung oleh keluarganya. Bapak dua anak tersebut sengaja tidak menampung para ODGJ agar pihak keluarga tetap bisa berinteraksi.

Aksi sosial ini dilakukan Peltu Sugiyanto sebagai bentuk kepedulian atas nasib ODGJ yang bisa ditelantarkan oleh keluarga. Awalnya Peltu Sugiyanto sendirian, namun seiring berjalannya waktu, sejumlah orang ikut bergabung menjadi relawan.

Selain merawat, Peltu Sugiyanto, juga memberikan bantuan sembako kepada keluarga ODGJ. Diharapkan dengan begitu pemenuhan gizi dari ODGJ tersebut tetap terjamin.

#blitar #tni #babinsa #odgj #aksisosial #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x