Kompas TV regional berita daerah

Sempat Melambung, Harga Cabai Berangsur Turun

Kompas.tv - 14 Februari 2023, 20:53 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Sempat melambung, harga beberapa kebutuhan pangan seperti cabai dan bawang mulai berangsur turun, Selasa (14/02/2023). Turunnya beberapa komoditi pangan ini karena pasokan yang berlimpah dari petani. 

 Di Pasar Besar Kota Malang, jika sebelumnya cabai rawit melonjak hingga Rp 75 ribu  per kilogram kini berangsur turun menjadi Rp 65 ribu  per kilogram. Sementara itu bawang merah yang beberapa waktu lalu dijual Rp 45 ribu, kini turun menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Pedagang mengaku, turunnya harga beberapa komoditi pangan seperti cabai ini karena pasokan dari beberapa daerah melimpah karena sudah memasuki musim panen dan kualitas cabai juga bagus. 

Hal tersebut mengakibatkan harga berangsur turun. Namun meski berangsur turun, namun hal tersebut belum mampu mengangkat daya beli masyarakat, karena harga tersebut masih tergolong mahal.

"Mulai hari ini banyak yang turun, cabai rawit biasanya Rp 75 ribu turun jadi Rp 65 ribu perkilogram," Terang Agus, salah satu pedagang.

Berbeda dengan harga cabai kecil dan bawang merah yang turun, harga cabai merah besar dan cabai hijau justru naik. Harga jual cabai merah besar yang sebelumnya dari harga Rp 30 ribu, kini naik menjadi Rp 34 ribu per kilogram. 

Sedangkan cabai hijau dari harga Rp 40 ribu naik menjadi Rp 50 ribu perkilogram. Sementara, harga bawang putih masih stabil yakni Rp 26 ribu per kilogram.

#hargacabaiturun



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x