Kompas TV regional berita daerah

Hindari Saling Caplok Lahan, BPN Pasan 8 Ribu Patok Batas Tanah

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 12:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEMALANG, KOMPAS.TV - Program Pemasangan Satu Juta Patok Batas Tanah secara serentak dilakukan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, untuk menghindari terjadinya konflik pertanahan dan penyerobotan oleh mafia tanah.

Sebanyak 8 desa mengikuti Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) 1 juta patok serentak di seluruh Indonesia. Secara simbolis, Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kabupaten Pemalang memasang 8.350 patok serentak di depan Balai Desa Sumurkidang, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Program Gemapatas ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang mempunyai tanah supaya memasang patok.

“Tadi disampaikan program ini dilakukan untuk meminimalisir sengketa dan mafia tanah, untungnya di Pemalang tidak muncul namun kita harus tetap waspada,“ ujar Gusmanto, Kepala BPN Kabupaten Pemalang.

Pemasangan patok tidak berhenti hanya pada saat ini dan tidak hanya untuk peserta Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) saja, namun akan dilaksanakan oleh semua orang yang memiliki aset atau tanah mempunyai kewajiban untuk memasang patok.

#gemapatas #pemalang #mafiatanah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x