Kompas TV regional berita daerah

Gerakan Pemuda Kandang, Ajak Pemuda Beternak Ayam

Kompas.tv - 9 Februari 2023, 15:13 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GOWA, KOMPAS.TV - Berawal dari hobi, sekelompok pemuda di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang membuat gerakan pemuda kandang kini sukses mengajak pemuda beternak ayam dengan omset ratusan juta rupiah sekali panen. Gerakan ini juga sukses mengajak pemuda untuk budidaya ayam peternak di desa.

Berbeda dari kalangan pemuda seusianya yang ingin bekerja kantoran, kelompok pemuda kandang Sul-Sel, memilih beternak ayam potong. Memanfaatkan potensi pemuda di desa Bela Bori, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa. Aksara Alif Raja, mengajak pemuda di desanya membuat gerakan pemuda kandang. Kandang ayam sistem close house yang diterapkannya  menggunakan teknologi sederhana saat memberi makan dan minum ayam.

Butuh waktu 40 hari mulai dari memasukkan bibit hingga panen. Sekali panen, 5 kandang ayam yang dimiliki mampu menghasilkan 100 ribu ekor ayam. Para peternak muda ini juga mendapat upah mulai 4 hingga 7 juta rupiah. Mereka juga memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar cara beternak agar bisa memiliki usaha budidaya ayam ternak sendiri.

Berkat ketekunan dan kerja keras, usaha ternak ayam yang telah di jalani 5 tahun terakhir, kini mampu meraut omset ratusan juta rupiah sekali panen. Usaha mereka juga terbantu dengan hadirnya mitra penyedia bibit dan pembeli.

 

#gerakanpemudakandang

#ternakayam

#budidayaayam



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x