Kompas TV regional berita daerah

Jateng Diklaim Provinsi Paling Melek Isu Anak

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 14:08 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Keseriusan Provinsi Jawa Tengah untuk menegaskan hak-hak anak dan melawan kekerasan terhadap anak dinilai baik oleh UNICEF. Arie Rukmantara, perwakilan UNICEF di indonesia menyatakan bahwa Jawa Tengah merupakan provinsi yang memiliki partisipasi dan komitmen yang tinggi.

Dalam merumuskan kebijakan pencegahan kekerasan pada anak, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tidak hanya melibatkan instansi dan dinas terkait, namun juga partisipasi langsung dari anak-anak untuk membuka suara dan menyampaikan keinginan mereka.

Setidaknya lebih dari 20 kabupaten kota atau 100 desa di Jawa Tengah yang sudah menjadi model desa yang ramah anak. UNICEF terus mendorong, mendukung, dan memfasilitasi kegiatan positif Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi yang ramah anak.

“UNICEF memprioritaskan Jawa Tengah dibanding provinsi lain karena beberapa hal seperti komitmen tinggi pemerintah daerah untuk menghentikan kekerasan pada anak dan pernikahan anak. Selain itu di Jawa Tengah, anak juga ikut berpartisipasi dalam program tersebut,“ ujar Arie Rukmantara.

Dukungan yang diberikan UNICEF sebagai badan PBB yang ada di Indonesia kepada Provinsi Jawa Tengah antara lain dukungan dalam bidang kesehatan, pendidikan, perlindungan anak, kebijakan sosial, komunikasi perubahan perilaku, sanitasi dan air bersih, serta gizi. Tujuannya agar Jawa Tengah menjadi provinsi yang dapat memenuhi dan menghormati hak-hak anak.

#unicef #ramahanak #pbb



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x