Kompas TV regional berita daerah

Waspada Gelombang Laut di Perairan Utara Capai 2,5 Meter

Kompas.tv - 26 Januari 2023, 12:36 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Stasiun BMKG Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah memperkirakan gelombang laut tinggi melanda wilayah Perairan Jawa Tengah. Adapun tinggi gelombang laut diperkirakan mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter.

Gelombang tinggi berpotensi terjadi di Perairan Laut Jawa bagian tengah. Adapun Perairan Utara Jawa Tengah, yakni Perairan Brebes-Pemalang, Perairan Pekalongan-Kendal, Perairan Semarang-Demak, Perairan Jepara, dan Perairan Pati-Rembang hingga tanggal 27 Januari mendatang. BMKG menyarankan, nelayan dengan perahu kecil untuk tidak melaut terlebih dahulu karena sangat berisiko.

“Untuk nelayan-nelayan kecil pada saat gelombang termasuk kategori sedang, kita sarankan untuk sementara tidak melaut terlebih dahulu,”ujar Ganis Erutjahjo, koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang.

Kondisi gelombang tinggi dipengaruhi oleh kecepatan angin. Untuk wilayah Laut Jawa, angin bertiup dari barat daya hingga barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 10 hingga 25 knot.

#perairanutarajawatengah #bmkg #gelombangtinggi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x