Kompas TV regional berita daerah

Menulis Lontar Melatih Kesabaran & Fokus

Kompas.tv - 24 Januari 2023, 12:31 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BULELENG, KOMPAS TV - Lontar merupakan alat tulis menulis yang terbuat dari daun pohon lontar. Sebelum adanya kertas, lontar digunakan untuk menulis berbagai hal, seperti magic, upacara, kesehatan, hingga paraturan negara. Saat ini di Buleleng, Bali, menulis lontar mulai dikaitkan dengan meditasi pengendalian diri, seperti melatih kesabaran dan fokus diri. 

Belasan anak muda di Buleleng Bali, mengikuti latihan menulis lontar, yang digelar Rumah Intaran, Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, Bali. Peserta dikenalkan tentang alat yang akan digunakan, seperti lembaran lontar, pengrupak, pisau untuk menulis, dan arang kemiri untuk menghitamkan tulisan, 

Peserta dibebaskan menulis dengan huruf latin. Proses menulis dengan menggunakan pengrupak yang tajam. Peserta harus berhati-hati saat menggoreskan ke lontar,  yang karakternya sangat mudah robek dan rusak. 

Penulisan lontar harus dilakukan. dengan tenang, fokus, sabar dan hati-hati. Hal ini merupakan bagian dari pengendalian diri, untuk menghasilkan tulisan lontar yang bagus. 

Butuh penyesuaian yang cukup banyak dilakukan untuk menulis diatas lontar dengan pengrupak. Media ini sangat berbeda dengan kebiasaan saat ini yang sudah menulis, diatas kertas dan mengunakan pulpen atau pensil. Menulis diatas lontar sama seperti proses memahat. 

Menulis lontar dikaitkan dengan terapi diri, merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan kembali,  pengetahuan lokal kepada anak muda saat ini. Pelatihan ini digelar oleh Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Buleleng, Bali. 

 

 

 

 

 

 

#menulislontar  #penyuluhbahasabali  #buleleng




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x