Kompas TV regional peristiwa

Terungkap! Satu Keluarga di Bekasi Ternyata Diracun dengan Pestisida

Kompas.tv - 19 Januari 2023, 19:10 WIB
terungkap-satu-keluarga-di-bekasi-ternyata-diracun-dengan-pestisida
Lokasi penemuan satu keluarga keracunan di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/1/2023). Keluarga korban menemukan kejanggalan pada suami korban. (Sumber: Kompas.com/Joy Andre T)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Misteri kasus satu keluarga keracunan di Bantar Gebang, Bekasi, akhirnya menemui titik terang. Polisi menemukan fakta bahwa tiga korban meninggal karena diracun.

Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran mengatakan hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan adanya unsur kimiawi berbahaya pada kopi dan bekas muntahan para korban.

“Hasil pemeriksaan laboratorium, ditemukan unsur kimiawi berbahaya yang sering kita sebut dengan racun, di dalam kopi yang diseduh di ruang belakang dekat sumur,” kata Fadil dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Baca Juga: 3 Jenazah Ditemukan di Cianjur, Berkaitan dengan Kasus Sekeluarga Keracunan di Bekasi

“Muntahan di kamar depan dan muntahan di kamar tengah, hasil labfor menyebutkan bahwa muntahan tersebut mengandung pestisida yang sangat beracun.”

Pelaku memberikan racun pestisida berupa aldicarb ke dalam kopi. Fadil mengatakan, apabila racun pestisida tersebut masuk ke dalam tubuh manusia, maka dapat menyebabkan kematian.

“Aldicarb itu adalah sebuah larutan pestisida, masuk dalam kategori pestisida yang sangat berbahaya. Apabila dikonsumsi oleh manusia, dapat menyebabkan kematian,” jelas Fadil.

Dengan demikian, dia menegaskan, kasus yang terjadi di Bekasi tersebut bukanlah keracunan, melainkan pembunuhan.

“Narasi yang dikembangkan bahwa ketiga korban mati karena keracunan itu tidak benar, itu adalah pembunuhan. Akan didalami apakah pembunuhan berencana, pembunuhan yang disertai tindak pidana lain, atau murni pembunuhan,” tegasnya.

Baca Juga: Polisi dalami Motif Kasus Satu Keluarga Keracunan di Bekasi

Diberitakan sebelumnya, lima orang ditemukan dalam kondisi lemas dan muntah-muntah diduga mengalami keracunan di Bantar Gebang, Kota Bekasi, pada Kamis, 12 Januari 2023. Tiga dari lima orang tersebut meninggal dunia.

Polisi bersama sejumlah lembaga terkait kemudian mengambil sejumlah sampel untuk dilakukan pemeriksaan forensik.

Pada Selasa (17/1/2023), pihak kepolisian menangkap tiga terduga pelaku di balik kasus keracunan sekeluarga di Bekasi. Setelah tiga pelaku diamankan, polisi langsung mendalami motif mereka.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x