Kompas TV regional berita daerah

Pasutri di Malang Raup Untung Dari Beternak Kucing Bengal

Kompas.tv - 18 Januari 2023, 19:23 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Berawal dari kesukaannya memelihara kucing ras, sepasang suami istri di Kota Malang menjadikan kucing sebagai sumber penghasilan. Dengan beternak kucing bengal, pasangan suami istri sudah menghasilkan puluhan kucing yang memiliki corak khas ini. 

Di rumahnya Kawasan Samaan, Lowokwaru Kota Malang, sepasang suami istri ini memilih beternak kucing ras bengal. Meski tergolong kucing ras dengan harga yang cukup mahal, namun puluhan ekor kucing sudah mereka pasarkan ke penjuru Kota di Indonesia. 

Saat ini, Roni bersama istrinya merawat 6 ekor indukan di rumahnya, sedangkan beberapa indukan lain berada di Lamongan dan Tangerang.

Menurutnya merawat kucing bengal relatif lebih mudah dibanding kucing ras jenis lain, khususnya kucing berbulu panjang. Kucing bengal yang memiliki corak yang unik dan mirip dengan macan dahan, lebih kuat dan tidak rewel. 

Kebersihan kandang makanan dan pemberian vitamin menjadi hal wajib dalam memelihara kucing bengal.

Di pasaran, harga 1 ekor anakan kucing bengal bisa laku antara Rp 2,5 juta hingga puluhan juta rupiah untuk indukan. Kucing bengal milik Roni juga sudah merambah sejumlah kota di Indonesia. 

Media sosial menjadi pilihan bagi roni untuk mengenalkan dan memasarkan kucing bengal miliknya.

"Kalau berapa ekor saya tidak pernah hitung, tapi setiap 6 bulan saya bisa 30 ekor," kata Roni.

Roni menambahkan tingginya permintaan kicing bengal tidak sebanding dengan ketersediaan indukan yang berkualitas.

Karena dengan keterbatasan jumlah indukan jika dipaksakan terus bereproduksi, maka anakan yang dihasilkan akan mengalami penurunan kualitas jauh dibanding indukannya.

#kucingbengal #kucingmalang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x