Kompas TV regional berita daerah

Jarak Luncur Guguran Lava Pijar Semeru Bertambah Jauh

Kompas.tv - 11 Januari 2023, 18:31 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur kembali mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak luncur lebih jauh, yakni 1000 meter. Petugas BPBD meminta warga di lereng semeru untuk  mewaspadai awan panas guguran yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Dalam rekaman CCTV terlihat jelas pada malam hari, gunung semeru mengeluarkan guguran lava pijar yang diawali letusan dari puncak kawah jonggring saloko. Guguran lava pijar turun mengarah ke sisi tenggara atau besuk kobokan.

Jarak luncur lava pijar kali ini lebih panjang dari sebelumnya, yakni 1000 meter. Meski tidak berdampak langsung kepada warga, namun guguran lava pijar menambah tumpukan material vulkanik di sekitar kawah dan ujung lidah lava. Tumpukan itu bisa longsor dan membentuk awan panas guguran seperti yang terjadi pada 4 Desember 2022.

Baca Juga: Gunung Semeru Keluarkan 17 Kali Letusan dan Guguran Lava Pijar

Berdasarkan laporan periodic, tercatat gunung semeru mengeluarkan 25 kali gempa letusan, dua kali gempa guguran dan satu kali gempa vulkanik dalam. Saat ini status gunung semeru bertahan di level tiga atau siaga.

 

#gunungsemeru #guguranlavapijar #awanpanas #erupsisemeru



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x