Kompas TV regional berita daerah

Kuliah Umum Dan Bedah Buku ALDERA Di Kampus Undiknas

Kompas.tv - 9 Januari 2023, 12:33 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Di hadapan ratusan mahasiswa di Auditorium Undiknas Denpasar, mantan aktivis yang sekarang menjabat sebagai anggota 6 BPK RI, Pius Lustrilanang, bercerita mengenai karir aktivis mahasiswanya pada tahun 90an.

Seperti perjuangan menegakkan demokrasi, perlakuan rezim terhadap aktivis, termasuk penahanan dan penculikan, serta dinamika gerakan mahasiswa. Gerakan perjuangan ini kemudian tercatat dalam sebuah buku yang berjudul ALDERA, potret gerakan politik kaum muda 1993-1999.

Bukan sekedar buku, ALDERA atau Aliansi Demokrasi Rakyat juga merupakan organisasi aktivis mahasiswa. Pius berharap, nilai-nilai perjuangan yang terkandung dalam buku ALDERA, dapat menginspirasi kaum muda khususnya mahasiswa, untuk tetap berpikir kritis terhadap kekuasaan.

Selain kuliah umum, dalam pertemuan kali ini juga dilaksanakan sesi bedah buku. Dekan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Undiknas Denpasar, Profesor Raka Sudiantara, membedah buku ALDERA dari teori ekonomi dan perspektif ekonomi kerakyatan, dan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undiknas Denpasar, Doktor Widhiastini membedah buku ALDERA dari perspektif demokrasi Pancasila.

Usai kuliah umum dan bedah buku, dilaksanakan pula kegiatan menanam pohon di halaman Undiknas Denpasar, sebagai simbol demokrasi.

 

 

 

 

 

#bedahbuku  #aldera   #undiknas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x