Kompas TV regional berita daerah

Bayi Kondisi Tali Pusar Terpotong Ditemukan di Pinggir Jalan

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 17:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Seorang bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan warga di pinggir Jalan Raya Polaman Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah. Bayi yang masih hidup tersebut kini mendapatkan perawatan intensif di Puskesmas Karang Malang, Mijen, Semarang, Jawa Tengah.

Nuryati, salah satu warga yang menemukan bayi tersebut mengaku, ia mengetahui keberadaaan bayi tersebut setelah rekannya hendak mencari pengganjal roda mobil dan melihat seorang bayi berada di semak-semak dalam kondisi terbungkus kain.

“Tadi ada dua orang minta dibantu mendorong mobil, kemudian bapaknya mau mencari pengganjal mobil, ia mundur lalu orang yang satu lagi teriak awas ada bayi begitu,“ kata Nuryati. 

Dari hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan Puskesmas Karang Malang, bayi tersebut berada dalam kondisi sehat namun tali pusarnya dipotong tanpa melalui prosedur medis.

“Ketika kita periksa itu plasentanya dipotong dekat dengan pusar padahal apabila dilakukan oleh tenaga medis biasanya dipotong agak jauh dari pusar. Kondisi plasentanya juga sudah mengering jadi diperkirakan sudah dilakukan sejak 12-24 jam yang lalu,“ ujar Dokter Anasih, Kepala Puskesmas Karang Malang Mijen.

Sementara itu, Polsek Mijen yang mendapat laporan penemuan bayi mengaku telah memeriksa sejumlah saksi di tempat kejadian. Selain itu, petugas juga mencari petunjuk lewat kamera pengawas yang ada di sekitar lokasi untuk mengetahui pelaku pembuang bayi tersebut.

“Sementara bayinya kita titipkan karena ada dugaan tindak kriminal disana seperti misalnya penelantaraan atau ada tujuan tertentu, untuk itu masih akan dilakukan penyelidikan,“ tutur Kompol Kholid Mawardi, Kapolsek Mijen Semarang

Hingga saat ini, Unit Reskrim Polsek Mijen dan Polrestabes Semarang masih memburu keberadaan pelaku pembuangan bayi di Jalan Raya Polaman Mijen Semarang.

#penemuanbayi #semarang #mijen



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x