Kompas TV regional berita daerah

Cuaca Buruk, Harga Ikan Laut di TPI Puger Naik

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 20:15 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER: Harga ikan laut di tempat pelelangan Kabupaten Jember Jawa Timur naik. Kenaikan dipicu oleh menipisnya pasokan akibat tak melautnya nelayan. Untuk memenuhi permintaan konsumen pedagang datangkan ikan dari luar kota yang harganya mahal.

Harga ikan laut di tempat pelelangan ikan atau TPI Kecamatan Puger Kabupaten Jember naik drastic seiring dengan terjadinya cuaca buruk. Banyaknya nelayan tak melaut membuat pasokan ikan di t-p-i menurun. Pedagang terpaksa mendatangkan ikan segar dari luar kota, seperti Banyuwangi, Probolinggo, Situbondo dan Madura dengan harga lebih mahal.

Seperti, ikan tongkol, 30 ribu rupiah per kilogram dari harga biasanya 18 ribu rupiah. Ikan tuna, 30 ribu rupiah per kilogram dari harga biasanya 25 ribu rupiah. Udang 70 ribu rupiah per kilogram dari harga biasanya 55 ribu rupiah dan cumi 80 ribu rupiah per kilogram dari harga 50 ribu rupiah.

Baca Juga: Ikan Keramba di Telaga Ngebel Mati Diduga Keracunan Gas Belerang

Meksi harganya naik, warga tetap membeli ikan laut untuk kebutuhan gizi keluarga. Cuaca buruk diperkirakan terjadi selama bulan Januari. Selama itu pula, pedagang akan mendatangkan ikan dari luar kota terutama daerah pesisir utara.

 

#gelombangtinggi #cuacaburuk #nelayanpuger #ikanlaut #tempatpelelanganikan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x